Pelepasan muatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Second half of the payload failing moved around SDO.jpg

Pelepasan muatan atau payload fairing adalah kerucut yang digunakan untuk melindungi pesawat ruang angkasa (muatan kendaraan peluncuran) terhadap dampak tekanan dinamis dan pemanasan aerodinamis selama peluncuran melalui atmosfer. Baru-baru ini, fungsi tambahan adalah untuk menjaga lingkungan yang bersih (Cleanroom) untuk instrumen yang presisi.

Di luar atmosfer fairing disingkirkan, mengekspos payload. Pada saat ini guncangan mekanik dan lonjakan akselerasi dapat diamati.

Standar fairing payload biasanya kombinasi kerucut silinder, karena pertimbangan aerodinamis, namun fairing khusus digunakan juga. Jenis fairing yang memisahkan menjadi dua bagian setelah jettisoning disebut fairing clamshell dengan cara analogi shell bifurcating dari kerang.

Dalam beberapa kasus fairing dapat melampirkan banyak payload dan roket tahap atas.[1]

Jika payload terpasang baik pada struktur inti penguat dan untuk fairing, payload mungkin masih akan terpengaruh oleh beban lentur fairing ini, serta beban inersia akibat getaran yang disebabkan oleh hembusan dan hentakan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A Conceptual Design for the Space Launch capability of the peacekeeper ICBM [1]
  2. ^ Thomas P. Sarafin, Wiley J. (1995) "Spacecraft Structures and Mechanisms--from Concept to Launch", ISBN 0-7923-3476-0 p. 47