Pegunungan Balkan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pegunungan Balkan (bahasa Bulgaria dan bahasa Serbia:Стара планина, Stara planina, "Gunung tua") adalah jajaran gunung di bagian timur Semenanjung Balkan. Pegunungan Balkan terjajar sepanjang 560 km dari Puncak Vrashka Chuka di perbatasan antara Bulgaria dan timur Serbia ke arah timur melalui Bulgaria tengah ke Tanjung Emine di Laut Hitam. Titik-titik tertinggi Pegunungan Balkan berada di Bulgaria tengah. Titik tertingginya adalah Puncak Botev (2.376 m), terletak di Taman Nasional Balkan Tengah (diresmikan pada 1991). Gunung ini memberikan nama Semenanjung Balkan. Pegunungan Balkan memainkan peran penting dalam sejarah Bulgaria dan perkembangan negara dan bangsa Bulgaria.

Di zaman kuno, pegunungan ini disebut sebagai Haemus Mons. Para sarjana memandang bahwa Haemus (Yunani 'Aimos) diturunkan dari kata Trakia yang tidak diuji, *saimon, berarti 'jajaran gunung'. Nama-nama lain yang lazim digunakan untuk menyebut pegunungan ini pada periode yang berlainan adalah Aemon, Haemimons, Hem, Emus, bahasa Slavonia Matorni gori, bahasa Turki Kodzhabalkan, dan Balkan.[1] Bagaimanapun, istilah "balkan" berasal dari bahasa Persia, dibawa ke tenggara Eropa oleh bangsa Turkik dari Asia Tengah. Istilah ini berarti 'perbukitan yang menggulung' (dari bahasa Persia, Barkhwan/Barkhan/Balkhan). Di tempat-tempat seperti Turkmenistan dan pesisir timur Laut Kaspia masih mengenal nama tersebut, misalnya Semenanjung Balkan dan Provinsi Balkan di Turkmenistan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SummitPost - Stara Planina (Balkana) -- Climbing, Hiking & Mountaineering" - www.summitpost.org - Diakses pada 14 Oktober 2008.