Pecinan Kobe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chinatown Kobe

Paifang Changan di Nankinmachi
Nama Tionghoa
Hanzi sederhana: 南京町
Makna harfiah: Kota Nanking
Nama Jepang
Kanji: 南京町
Hiragana: なんきんまち

Chinatown Kobe (Nankin-machi Kota "Nanjing") (Jepang: 南京町; Hanzi sederhana: 南京町) adalah salah satu dari tiga Chinatown di Jepang. Chinatown ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Kobe. Letaknya di Chūō-ku, Motomachi berseberangan dengan Department Store Daimaru. Nama resmi untuk kawasan ini tidak ada. Di kawasan ini terdapat lebih dari seratus rumah makan Tionghoa, toko-toko, Sekolah Tionghoa Kobe, dan sebuah vihara. Luas Chinatown ini jauh lebih kecil dari Chinatown Yokohama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nankinmachi didirikan tahun 1868 ketika Pelabuhan Kobe dibuka untuk orang asing, termasuk imigran Tiongkok dari Kanton, Fukien, dan Samgong (Guangzhou, Fujian, Sanjiang). Para pendatang baru itu menetap di ujung barat distrik permukiman khusus orang asing di Kobe, dan selanjutnya tempat itu merupakan enklave imigran asal Tiongkok. Pada waktu itu, orang Jepang menyebut semua orang Tiongkok sebagai "orang dari Nanking". Oleh karena itu, permukiman imigran di Kobe disebut "Nankinmachi" (Kota Nanking). Pada awal 1920-an, Nankinmachi merupakan daerah yang ramai dengan pedagang, rumah makan, dan rumah tinggal. Namun keadaan tersebut berubah pada dua dekade berikutnya. Sebagian besar orang Tiongkok kembali ke kampung halamannya setelah Jepang campur tangan di Tiongkok Timur Laut, pecahnya Perang Tiongkok-Jepang Kedua, dan Perang Dunia II. Setelah hancur akibat pengeboman sekutu atas Kobe, seusai perang Nankinmachi dibangun kembali oleh komunitas Tiongkok yang bertahan menetap di sana selama perang.

Pada tahun 1995, kawasan ini rusak berat akibat gempa bumi besar Hanshin. Namun dengan cepat dibangun kembali, dan muncul sekali lagi sebagai pusat kebudayaan Tiongkok dan pusat aktivitas perdagangan di wilayah Kansai. Chinatown Kobe kira-kira berpenduduk sepuluh ribu orang.

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

Punjung di Nankinmachi

Seperti halnya Chinatown lainnya di seluruh dunia, Nankinmachi tidak hanya kawasan usaha dan tempat tinggal komunitas Tiongkok, melainkan juga tempat tujuan wisata. Dibandingkan Chinatown Yokohama yang dijadikan tempat tinggal bagi banyak orang, penduduk Chinatown Kobe hanya sedikit, tempat ini lebih banyak dipakai sebagai tempat usaha.

Nankinmachi berperan penting sebagai simbol keragaman budaya di Kobe. Pada tahun 1985 di tempat ini dibangun gerbang paifang Chang'an (長安門). Proyek-proyek lainnya menyusul seperti sepasang singa batu, dan lantai granit. Di tempat ini terdapat tiga paifang yang menandai kawasan Nankinmachi, Gerbang Changan di timur, Gerbang Xian di barat, dan Gerbang Nanluo di selatan. Di pintu masuk utara tidak dibangun paifang, melainkan dijaga oleh sepasang singa batu. Di sebelah utara terdapat Pusat Perbelanjaan Motomachi.

Bangunan punjung berhias ukiran batu 12 shio menandai titik pertemuan poros utara-selatan/timur-barat di Nankinmachi. Tempat ini merupakan tempat istirahat yang populer bagi wisatawan, sekaligus titik favorit untuk mengambil foto.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Selain sebagai pusat usaha rumah makan dan dan gerai jajanan, di Nankinmachi juga terdapat klub mahjong dan toko-toko cendera mata. Toko dan rumah makan umumnya memajang makanan di luar, seperti siomai, dimsum, kue-kue, dan bakpao. Hidangan istimewa perayaan Tahun Baru Imlek dan Festival Musim Gugur juga mudah dijumpai di sini.[1][2][3]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Stasiun Motomachi adalah stasiun kereta api terdekat dari Chinatown Kobe, 3 menit dari Stasiun Sannomiya, 25 menit dari Stasiun Osaka lewat Jalur JR Kobe, atau 30 menit dari Stasiun Umeda lewat Jalur Utama Hanshin.

Lewat Jalan Bebas Hambatan Hanshin: Rute 3 Kobe, Keluar Kyobashi dan Rute 5 Wangan, Keluar Rokko Island

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chinatownology Website
  2. ^ Dar, Alyse: "Insight Guides Japan, 5th ed.", page 239. APA Publications, 2009.
  3. ^ Simon, Richmond and Dodd, Jan: "The Rough Guide to Japan, 4th ed.", page 627, Rough Guides Publications, 2008.

Pranala luar links[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 34°41′17″N 135°11′17″E / 34.68806°N 135.18806°E / 34.68806; 135.18806