Paul Sarasin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fritz dan Paul Sarasin dalam ekspedisi di Sulawesi.

Paul Benedict Sarasin (lahir di Basel, 11 Desember 1856 – meninggal di Basel, 7 April 1929 pada umur 72 tahun) adalah seorang penjelajah alam (naturalis) asal Swiss. Ia adalah salah seorang pendiri Taman Nasional Swiss. [1] Ia dan Fritz Sarasin adalah orang yang pertama kali memberikan teori mengenai penghunian Kepulauan Nusantara.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Paul Sarasin mengambil studi kedokteran di Universitas Basel. Setelah tugas mengajar pertama ia bergabung dengan institut zoologi di Würzburg, dalam kelompok pimpinan Prof. Karl Semper. Di sana ia mendalami zoologi dan lulus sebagai doktor dengan disertasi mengenai perkembangan siput air Bithynia tentaculata.

Dari tahun 1883 hingga 1886 Paul berkelana bersama sepupunya, Fritz Sarasin, ke Sailan, untuk melakukan penelitian zoologi dan lingkungan. Dari tahun 1893 hingga 1896 mereka mengunjungi Sulawesi. Di sana mereka melakukan kerja pemetaan geografi dan geologi di daerah yang belum pernah diteliti. Pada tahun 1896 mereka kembali ke Basel. Hasil dari kunjungan ini dan kunjungan kedua pada tahun 1902 hingga 1903 dipublikasikan dalam karya tulis setebal lima jilid buku. Pada tahun 1907 mereka kembali melakukan ekspedisi ke Sailan.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Website des Schweizerischen Nationalparks