Paul Gottlieb Nipkow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Paul Gottlieb Nipkow

Nipkow pada tahun 1884
Lahir 22 Agustus 1860
Lauenburg, ketika itu Prusia, sekarang Polandia
Meninggal 24 Agustus 1940 (umur 80)
Kebangsaan Jerman
Hasil kerja
Hasil kerja utama Cakram Nipkow
Kemajuan yang dihasilkan televisi

Paul Julius Gottlieb Nipkow (22 Agustus 1860 – 24 Agustus 1940) merupakan teknikal dan penemu asal Jerman.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Nipkow merupakan orang Jerman etnik Slavic Kashubian yang lahir di Lauenburg (Lębork) di Pomerania. Ketika bersekolah di Neustadt (Wejherowo), Prusia Barat, Nipkow mengkaji telepon dan pemancaran gambar bergerak. Setelah selesai menyelesaikan sekolah, beliau ke Berlin untuk kuliah di jurusan sains. Beliau mengkaji ilmu optik fisiologi bersama Hermann von Helmholtz, dan juga ilmu elektrofisika bersama Adolf Slaby.

Cakera Nipkow[sunting | sunting sumber]

Ketika masih kuliah, beliau menciptakan cakram Nipkow setelah memikirkan kegunaan sekeping cakram berlubang untuk membuat gambar menjadi corak titik-titik dan garis-garis pada akhir tahun 1883. Perlu diingat baawa Alexander Bain telah memancarkan gambar melalui telegraf pada 1840-an, namun cakram Nipkow inilah yang meningkatkan proses pengkodean.

Beliau meminta hak paten meliputi teleskop elektrik yang berfungsi sebagai mengeluarkan objek awal dengan cahaya secara elektrik, dalam kategori "radas eletrik". Paten diberikan pada 15 Januari 1885, namun diundur pada tanggal 6 Januari 1884. Tidak diketahui apakah Nipkow pernah mencoba menggunakan penggunaan cakram ini sehingga ada yang bertanya-tanya apakah beliau pernah menghasilkan satu keping dalam penemuan tersebut. Paten tersebut dihapuskan setelah 15 tahun karena tidak ada yang berminat. Setelah itu, Nipkow bekerja sebagai perancang di sebuah institut di Berlin-Buchloh dan terus meninggalkan usaha dalam penyiaran gambar.

Sistem TV pertama[sunting | sunting sumber]

Siaran TV pertama menggunakan dasar pengimbasan gambar optik-mekanik yang dibuat oleh cakram Nipkow; oleh karena itu beliau telah terbiasa dihargai atas penemuan ini. Nipkow menceritakan tontonan TV pertamanya dalam siaran radio di Berlin pada tahun 1928: "Kotak televisi yang diletakkan dalam bilik gelap. Beratus orang sabar menunggu waktu untuk menonton televisi pertama kalinya. Saya juga di kalangan mereka, hati saya semakin berdebar. Sekarang untuk pertama kalinya saya dapat melihat apa yang telah saya ciptakan 45 tahun lalu. Akhirnya saya sampai di waktu pemaparan, kain gelap ditanggalkan ke tepian, barulah saya menyaksikan gambar berkerlipan di hadapan mata saya, bukan senang untuk melihatnya." Sistem yang didemonstrasi tersebut adalah dari organisasi John Logie Baird. Baird ialah penemu pertama yang berhasil memanfaatkan cakram Nipkow, maka hasil gambar televisi terawal di perlihatkannya pada Oktober 1925.

Mulai tahun 1937, ketika layanan televisi BBC yang baru mulanya memilih sistem pengimbasan gambar elektronik sepenuhnya yang berdasarkan usaha Manfred von Ardenne dan ikonoskop ciptaan Vladimir Zworykin dari sistem mekanik Baird, maka citpaan Nipkow tidak diperlukan lagi bagi pembangunan televisi selanjutnya.

Transmisi Paul Nipkow[sunting | sunting sumber]

Stasiun televisi publik Jerman pertama dibuka di Berlin pada tahun 1935 dengan nama Fernsehsender Paul Nipkow setelah Paul Nipkow - "Bapak" teknologi televisi generasi pertama. Beliau menjadi presiden kehormatan "majelis televisi" "Dewan Penyiaran Pemerintah". Nipkow wafat di Berlin.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]