Patty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah patty panggang

Patty (dibaca: petti), dalam istilah bahasa Inggris di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru, adalah daging giling dari berbagai produk hewani atau produk alternatif dari daging yang dipipihkan dan dicetak, biasanya berbentuk bulat. Daging giling tersebut diolah, dibentuk, dimasak, dan disajikan sebagai hidangan.

Patty dapat dimakan dengan garpu dan pisau seperti makan hidangan steak contohnya Steak Salisbury, tetapi biasanya disajikan dalam semacam roti lapis atau sandwich yang disebut "burger", atau hamburger jika patty dibuat dari daging sapi. Terlepas dari disajikan atau tidak disajikan dalam sandwich, terutama di Inggris dan Irlandia, di mana istilah "patty" jarang digunakan.

Adonan daging berbentuk serupa yang tidak dibuat dari daging sapi juga dapat disebut "burger": "burger kalkun" atau "burger ikan" dapat dibuat dari daging yang dipisahkan secara mekanis. Terkadang burger dilapisi tepung roti. Patty burger vegetarian dibuat tanpa daging, biasanya dari kedelai, tetapi juga sering dari kacang lainnya dan kadang-kadang dari sayuran campuran lainnya.[1]

Di Irlandia, beberapa restoran makanan laut sering menyajikan batter burger atau burger beradonan (patty daging yang direndam dalam adonan tepung kemudian digoreng) atau burger pedas (patty gurih dibuat dengan resep daging eksklusif dan rempah-rempah).[2] Ini disajikan dalam kantong kertas tahan panas dan dimakan dengan tangan.

Di India, patty dapat merujuk ke isian burger baik vegetarian (kentang misalnya) atau non-vegetarian (ayam, daging, dan lain-lain), atau hidangan pengganti puff pastry manis atau gurih yang merupakan makanan jalanan yang umum di banyak kota di negara tersebut.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Dua patty hamburger yang baru dibentuk

Dengan roti yang diproduksi secara massal, bukan hal tidak umum untuk menemukannya dengan bentuk yang kelihatannya abnormal atau dengan perimeter bergelombang. Benjolan seperti alur ini disebabkan oleh mesin yang membentuk roti. Mereka digunakan dalam produksi untuk menjaga patty tetap konsisten, sehingga mereka tidak akan jatuh dari jalur perakitan, dan dapat dimanipulasi oleh berbagai mesin. Dalam kotak patty lainnya, tusukan kecil dapat dilihat di sisi atas dan bawah patty. Tusukan ini ada untuk alasan yang sama.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What's Inside Your Veggie Burger?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-23. Diakses tanggal 8 Oktober 2015. 
  2. ^ "Legal row over spice burger 'secret recipe'". RTÉ. 25 Agustus 2009. Diakses tanggal 2009-09-29.