Patha Bhavana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Patha Bhavana adalah sekolah dasar dan sekolah lanjutan (di Indonesia setara dengan SD dan SMP) di Shantiniketan, Benggala Barat, India. Didirikan oleh Rabindranath Tagore pada tahun 1901, yang pada awalnya hanya memiliki lima orang siswa. Sekolah ini merupakan sekolah yang sangat unik, dimana proses belajar mengajar mengacu pada pendekatan dengan alam sekitar dan menghilangkan batasan antara pengajar dengan siswanya. Sistem ini berlawanan dengan pola pengajaran umumnya.

Tagore membangun visinya ini dengan pengalaman masa lalu yang dia alami semasa menuntut ilmu. Pola pengajaran yang dia terima semasa kanak-kanak, dirombak sedemikian rupa hingga menemukan format pengajaran yang tepat dan unik. Belajar di bawah pohon rindang, berinteraksi langsung dengan pengajar dan alam, serta perpustakaan sebagai penunjang materi belajar, membuat siswa aktif mendalami ilmu yang di pelajari.

Sekolah ini merupakan cikal bakal dari apa yang sekarang dikenal dengan Universitas Visva-Bharati. Selain Patha Bhavana, satu lagi sekolah serupa yang berada di bawah naungan Universitas Visva-Bharati adalah Shiksha Satra.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]