Pasukan paramiliter Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pasukan paramiliter Tiongkok terdiri dari tiga kekuatan utama yaitu pasukan cadangan Tentara Pembebasan Rakyat, Kepolisian Bersenjata Rakyat, dan Milisi. Pasukan ini bertindak sebagai pasukan pembantu untuk pasukan aktif Tentara Pembebasan Rakyat dan umumnya melakukan berbagai macam peran. Secara keseluruhan, paramiliter memiliki 17.835.000 anggota pada 2018.[1]

Kepolisian Bersenjata Rakyat[sunting | sunting sumber]

Kepolisian Bersenjata Rakyat (KBR) di Tiongkok adalah pasukan polisi paramiliter yang terutama bertanggung jawab atas penegakan hukum dan keamanan internal secara nasional selama masa damai. Pada saat perang, KBR akan ditugaskan sebagai infanteri ringan untuk mendukung Tentara Pembebasan Rakyat. Menurut Konstitusi Republik Rakyat Tiongkok, KBR adalah salah satu dari tiga elemen integral angkatan bersenjata Tiongkok bersama dengan Tentara Pembebasan Rakyat, milisi dan pasukan cadangan. Buku Putih Pertahanan Nasional Tiongkok yang diterbitkan pada tahun 2006 mengklaim bahwa kekuatan total KBR sebanyak 1,5 juta orang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "China's Armed Forces, CSIS (Page 24)" (PDF). 2006-07-25. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2018-12-26. Diakses tanggal 2020-06-17.