Pasukan operasi khusus Tentara Pembebasan Rakyat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasukan Operasi Khusus Tentara Pembebasan Rakyat
中国人民解放军特种部队
Zhōngguó Rénmín Jiěfàngjūn Tèzhǒngbùduì
Tambalan Pasukan Operasi Khusus Tentara Pembebasan Rakyat
Aktif1988–sekarang
Negara Tiongkok
Aliansi Partai Komunis Tiongkok
CabangAngkatan Darat
Angkatan Laut
Angkatan Udara
Angkatan Roket
Tipe unitPasukan khusus
Himne特种部队之歌
(Lagu Pasukan Khusus)
PertempuranTindakan anti-perompakan di Somalia

Pasukan Operasi Khusus Tentara Pembebasan Rakyat (Hanzi sederhana: 中国人民解放军特种部队; Hanzi tradisional: 中國人民解放軍特種部隊; Pinyin: Zhōngguó Rénmín Jiěfàngjūn Tèzhǒngbùduì) adalah pasukan khusus dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Unit ini tidak termasuk dari unit paramiliter Kepolisian Bersenjata Rakyat (PAP) Tiongkok. Peran pasukan khusus ini adalah menjadi unit tanggap cepat jika terjadi perang regional terbatas dalam kondisi teknologi tinggi. Mereka juga melakukan operasi komando, kontra-terorisme, dan pengumpulan intelijen.

Pembangunan pasukan khusus Tiongkok mewakili pergeseran dalam pemikiran operasional negara ini, dari struktur kekuatan yang didominasi tentara, menjadi penekanan pada operasi gabungan terpadu dengan kekuatan elit yang fleksibel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perhatian PLA terhadap perang khusus modern pertama kali dicatat pada pertengahan 1980-an, ketika PLA mengubah sikap militernya dari "perang rakyat" menjadi "melawan perang lokal dalam kondisi teknologi tinggi". Ahli rencana PLA percaya bahwa perang berikutnya akan menjadi konflik singkat dan cepat di wilayah pinggiran daripada perang total di wilayah Tiongkok, dan pasukan darat konvensional yang berorientasi pada infanteri tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, pengalaman tempur PLA dari konflik perbatasan tahun 1979 dan 1980-an dengan Vietnam, di mana pasukan khusus Vietnam yang menyebabkan masalah besar bagi pasukan Tiongkok telah menunjukkan nilai-nilai dari satuan khusus.

Pada tanggal 23 Desember 2008, misi pertama mereka yang diketahui publik adalah menemani tiga kapal perang Tiongkok dalam melindungi dan mengawal kapal komersial melawan perompak Somalia, ini dilaksanakan berkerja sama dengan negara-negara lain sebagai bagian dari mandat PBB.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "China ready to use force on Somali pirates : Naval Forces : Defense News Air Force Army Navy News". web.archive.org. 2008-12-25. Diakses tanggal 2023-07-04.