Partisan Slowakia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stanislav Rejthar [cs] (jaket ringan) dari Angkatan Udara Pemberontak Slovakia dengan perwira dan prajurit dari Brigade Partisan Cekoslowakia kedua

Partisan Slovak adalah pejuang dalam grup militer tidak tetap yang berpartisipasi dalam gerakan perlawanan Slovakia, termasuk melawan Nazi Jerman dan kolaborasionisme selama Perang Dunia II

Awal[sunting | sunting sumber]

Slovak partisans in an ambush.
Baterai Artileri Anti Pesawat ke-18, yang ikut serta dalam Pemberontakan Nasional Slovakia pada Musim Gugur 1944

Partisan Slovakia adalah milisi anti-fasis yang dibentuk segera setelah berdirinya Republik Slovakia Pertama pada tahun 1939, untuk melawan Nazi dan kolaboratornya. Laki-laki dan perempuan sama-sama bertempur dalam barisan unit partisan, begitu pula orang Yahudi dan Kristen. Partisan Slovakia memiliki loyalitas yang beragam karena banyak yang sangat nasionalis dan ingin mempertahankan kemerdekaan Republik Slovakia yang bebas dari fasisme, sementara banyak lainnya adalah sosialis yang menjalin hubungan kuat dengan Uni Soviet dan partisan Soviet. Partisan Slovakia sebagian besar melakukan tindakan sabotase. Keterlibatan militer anti-Nazi terbesar mereka adalah Pemberontakan Nasional Slovakia pada tahun 1944, di mana partisan Slovakia dibantu oleh Tentara Slovakia dan partisan Soviet. Ján Golian dan Rudolf Viest, jenderal di Angkatan Darat Slovakia, memimpin pemberontakan, yang akhirnya dihancurkan oleh Jerman dan kolaborator mereka dari Hongaria, Slovakia, dan Ukraina. Brigade partisan Slovakia yang paling terkenal adalah M.R.Stefanik brigade yang dipimpin oleh pahlawan partisan Slovakia Viliam Zingor.[1][2] Dengan 1.300 anggota, ini merupakan brigade partisan terbesar, dan sangat nasionalis namun toleran terhadap agama, dengan lebih dari 300 anggota Yahudi. Setelah perang, brigade ini, dan pemimpinnya, tidak disukai oleh politisi Komunis Cekoslowakia, yang menuduh Gustáv Husák sebagai pengkhianat terhadap bangsa dan rakyat Slovakia. Zingor akhirnya dieksekusi oleh Husák dan pemerintah komunis pada tanggal 18 Desember 1950. Brigade Janosik adalah brigade partisan lainnya, yang bertempur di Pegunungan Tatra dan Orava.

Brigade Yahudi[sunting | sunting sumber]

Para partisan Yahudi Slovakia mencapai pencapaian luar biasa sebagai anggota kelompok Yahudi sepenuhnya. Unit partisan Yahudi Slovakia yang paling terkenal adalah Brigade Novaky, yang terbentuk dari tahanan kamp konsentrasi Novaky. Brigade Novaky mendapat manfaat dari lokasinya yang strategis, karena kamp tersebut berada di wilayah yang dihuni oleh para penambang dan petani yang tidak memiliki simpati terhadap pemerintah pro-Nazi. Dengan bantuan penduduk lokal yang ramah ini, Brigade Novaky menjalin kontak dengan partisan lainnya, dan mengatur untuk menerima bantuan dan senjata dalam acara pemberontakan bersenjata. Sebagai penghormatan atas pengabdiannya kepada negara, 166 partisan Yahudi dianugerahi Ordo Pemberontakan Slovakia.

Partisan terkenal[sunting | sunting sumber]

Ada banyak partisan Slovakia yang terkenal tetapi tidak ada yang lebih terkenal dari Ján Nálepka, dan Viliam Zingor [cs].


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Špiesz, Anton; Čaplovič, Dušan; Bolchazy, Ladislaus J. (2006). Illustrated Slovak History: A Struggle for Sovereignty in Central Europe (dalam bahasa Inggris). Bolchazy-Carducci Publishers. hlm. 226. ISBN 978-0-86516-426-0. 
  2. ^ Ryšavý, Vavro (1981). Žilina a Slovenské národné povstanie (dalam bahasa Slovak). Universum Sokol Publications. hlm. 144. 
  3. ^ Uličianska, Zuzana (July 10, 2010). "Prvé ženy v politike - Fuj, baby, feminy!" [The First Women in Politics - Phew, baby, femini!]. SME (dalam bahasa Slovak). Diakses tanggal 2023-12-22. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]