Partai Jerman-Hannover

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Jerman-Hannover
Dibentuk1867
Dibubarkan1933
Diteruskan olehPartai Jerman
IdeologiKonservatisme, Federalisme, Protestantisme politik
Posisi politikSayap kanan
Afiliasi internasionaltidak ada

Partai Jerman-Hannover (Jerman: Deutsch-Hannoversche Partei, DHP), juga disebut Partai Guelph, adalah partai politik konservatif federalis di Kekaisaran Jerman dan Republik Weimar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Partai ini didirikan pada tahun 1867 untuk menentang aneksasi Kerajaan Hannover oleh Kerajaan Prusia setelah berakhirnya Perang Austria-Prusia.[1] Mereka menginginkan restorasi Kerajaan Hannover dan aset-aset Wangsa Welf yang disita.[2] Maka partai ini juga disebut Welfen, dan paling banyak memperoleh dukungan di wilayah pedesaan di sekitar Hannover.[1]

Anggota parlemen dari Partai Jerman-Hannover dengan Ludwig Windthorst (di tengah), 1889

Di Reichstag, perwakilan dari Partai Jerman-Hannover biasanya menjadi sekutu kelompok Partai Tengah yang anti-Prusia di bawah Ludwig Windthorst, yang walaupun beragama Katolik tetapi sebelumnya merupakan mantan Menteri Keadilan Hannover dan setia kepada Wangsa Welf.[3] Dari tahun 1890, partai ini dipimpin oleh Georg von der Decken.

Selama Revolusi Jerman 1918-1919, Partai Jerman-Hannover mendukung pendirian Negara Bebas Hannover sebagai bagian dari Republik Weimar dan berhasil mengadakan plebisit di Provinsi Hannover pada 19 Mei 1924. Namun, referendum tersebut tidak berhasil mencapai sepertiga suara yang merupakan prasyarat penetapan devolusi. Kegagalan tersebut mempercepat kemunduran partai ini dan beberapa tahun kemudian banyak anggota partai yang bergabung dengan Partai Nazi, sementara yang lainnya bergabung dengan Katolik Tengah. Pada tahun 1933, seperti partai konservatif dan liberal lainnya, partai ini dibubarkan agar tidak dilarang oleh rezim Nazi.

Setelah Perang Dunia II, sebuah partai yang disebut Niedersächsische Landespartei ("Partai Negara Bagian Sachsen Hilir") dibentuk sebagai penerus Partai Jerman Hannover. Semenjak tahun 1947, partai tersebut dikenal dengan nama Partai Jerman (DP). Pada tahun 1953, sekelompok pembangkang Partai Jerman membentuk Partai Jerman-Hannover baru, yang kembali bergabung dengan sisa Partai Jerman pada tahun 1962.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Vincent E McHale (1983) Political parties of Europe, Greenwood Press, p420 ISBN 0-313-23804-9
  2. ^ Taddey, Gerhard (1979) Lexikon der deutschen Geschichte. Personen. Ereignisse. Institutionen, Alfred Kröner Verlag, p253
  3. ^ Pages 260-261, A history of modern Germany, 1840-1945 By Hajo Holborn

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Hans Prilop: Die Vorabstimmung 1924 in Hannover. Untersuchungen zur Vorgeschichte und Geschichte der Deutsch-Hannoverschen Partei im deutschen Kaiserreich und in der Weimarer Republik. phil. Diss., Hamburg: Universität, 1954.