Partai Demokrat Bebas Swiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Partai Demokrat Bebas Swiss (bahasa Jerman: Freisinnig-Demokratische Partei der Schweiz (FDP), bahasa Perancis: Parti radical-démocratique suisse (PRD), bahasa Italia: Partito liberale radicale svizzero (PLR)) adalah sebuah partai liberal penganjur pasar bebas Swiss.

Partai ini adalah anggota dari Liberal Internasional dan Partai Demokrat Liberal dan Pembaruan Eropa. Beberapa partai di kanton-kanton di Swiss Tengah diberi nama Partai Liberal (Liberale Partei), dan tidak berafiliasi dengan Partai Liberal Swiss. Sejak Maret 2005, presiden partai ini adalah Fulvio Pelli. Anggota-anggotanya sekarang dalam Dewan Federal adalah Pascal Couchepin dan Hans-Rudolf Merz.

Pada 2003, partai ini memegang 36 mandat (dari 200) di Dewan Nasional Swiss (kamar pertama dari parlemen Swiss); 14 (dari 46) di kamar kedua dan 2 dari 7 mandat di Dewan Federal Swiss (lembaga eksekutif).

Pada 2005, partai ini menduduki 27,2% dari kursi dalam seluruh pemerintahan Canton Swiss dan 19,7% dalam seluruh pemerintahan Canton Swiss.

Platform[sunting | sunting sumber]

Sebagai sebuah partai liberal yang klasik, PDB biasanya menentang campur tangan negara dalam urusan-urusan sosial dan ekonomi. Berdasarkan konsepnya tentang manusia sebagai pribadi yang bebas, berdaulat, dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri, partai ini menolak pemahaman tentang negara kesejahteraan dan peraturan yang paternalistik yang lazim dalam liberalisme di negara-negara Eropa lainnya pada akhir abad ke-19. PDB menaruh kepercayaan dalam pasar bebas, perdagangan bebas, deregulasi ekonomi dan penegakan hukum.

Dalam isu-isu spesifik, partai ini sering dicap progresif dalam kaitan dengan kebijakan sosial, dukungan terhadap legalisasi narkoba ringan dan pengakuan hukum terhadap pasangan sejenis. Dalam kebijakan ekonomi, partai ini biasanya mendukung pengurangan pengeluaran pemerintah, pengurangan pajak, dan pasar tenaga kerja yang fleksibel. Namun, seperti kebanyakan partai lainnya di Swiss, partai ini tidak mempunyai tradisi kepemimpinan sentral yang kuat atau kesatuan ideologis, dan akibatnya pandangan-pandangan masing-masing anggota perwakilan atau fungsionarisnya sangat berbeda-beda di pusat spektrum politik Swiss.

PDB seringkali dianggap erat berkaitan dengan kepentingan-kepentingan bisnis Swiss, khususnya bank-bank dan perusahaan-perusahaan farmasi. Di mata para penyerangnya di pihak Kanan, hal ini telah menyebabkan PDB kadang-kadang meninggalkan nilai-nilai liberalnya, mis. melalui dukungannya terhadap proteksi impor untuk obat-obatan atau penebusan yang mahal oleh pemerintah pada 2002 terhadap perusahaan penerbangan nasional, Swissair.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Unsur-unsur liberal, radikal dan "pemikiran bebas" (bahasa Jerman freisinnig) dalam nama partai ini memberi kesan bahwa ini adalah sebuah partai sayap kiri, sementara dalam percaturan politik Swiss sekarang ini, PDB adalah sebuah partai kanan tengah. Ini disebabkan oleh namanya yang berasal dari konflik pada masa [[Restorasi (Swiss)|Restorasi antara kanton-kanton konservatif Katolik dan kanton-kanton liberal Protestan yang menyebabkan terbentuknya negara federal Swiss pada 1848. Kanton-kanton borjuis Protestan telah mengalahkan kanton-kanton Katolik, dan dari 1848 hingga 1891, Dewan Federal sepenuhnya terdiri dari anggota-anggota PDB. "Partai Radikal" dari restorasi ini sesungguhnya adalah partai sayap kiri dibandingkan dengan Partai Konservatif Katolik, dan baru setelah munculnya Partai Demokrat Sosial Swiss pada awal abad ke-20 PDB menemukan dirinya berada di sisi kanan dari arus tengah politik negara itu.

Presiden[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]