Paradoks Hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Paradoks hijau)
Buku Paradoks Hijau
Sampul depan buku Paradoks Hijau dengan bahasa Inggris pada tahun 2012
PengarangHans-Werner Sinn
Judul asli'The green paradox : a supply-side approach to global warming'
NegaraJerman
BahasaBahasa Inggris
GenreNonfiksi
PenerbitMIT Press
Tanggal terbit
20 Januari 2012
Jenis mediasampul keras

Paradoks hijau (bahasa Inggris: Green Paradox) adalah sebuah istilah yang mengacu pada efek pemanasan global yang ditimbulkan sebagai akibat dari adanya kebijakan hukum yang mengatur tentang emisi karbon dioksida dan perlindungan alam.[1] Istilah Paradoks hijau pertama kali diperkenalkan oleh seorang ekonom Jerman, Hans-Werner Sinn, dalam bukunya berjudul The green paradox : a supply-side approach to global warming.[2][3] Buku Paradoks hijau diterbitkan pada 20 Januari 2012 oleh penerbit MIT dan memiliki jumlah halaman sebanyak 269 halaman.[2][3]

Isi buku[sunting | sunting sumber]

Kebijakan hukum yang mengatur tentang emisi karbon dioksida dengan membatasi para pelaku usaha dan industri terhadap penggunaan bahan bakar fosil dipercaya dapat mengurangi dampak kerusakan iklim [4][1] Namun, berdasarkan pengamatannya, Hans-Werner Sinn berpendapat bahwa seiring berjalannya waktu, kebijakan tersebut pada akhirnya justru akan lebih memicu pemanasan global yang lebih parah.[5][6] Hal ini dikarenakan sumber energi terbarukan seperti energi matahari dan energi angin masih relatif membutuhkan lebih banyak alat dan lebih banyak biaya untuk dapat digunakan.[1] Sementara itu tidak adanya pajak atas emisi karbon dioksida yang berasal dari bahan bakar fosil dapat memperparah kondisi tersebut.[4] Pajak karbon sendiri merupakan sebuah kebijakan yang ditujukan untuk mengurangi dan secara perlahan menghilangkan penggunaan bahan bakar fosil sebagai bahan bakar utama industri yang pembakarannya dapat mengganggu kestabilan iklim [7] Pajak karbon dikenakan kepada setiap pelaku usaha dan industri sesuai dengan kadar karbon yang digunakan.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Hans-Werner Sinn. "Green Paradox". Diakses tanggal 8 Desember 2019. 
  2. ^ a b (Inggris) Amazon. "The Green Paradox: A Supply-Side Approach to Global Warming (The MIT Press) Hardcover". Diakses tanggal 8 Desember 2019. 
  3. ^ a b (Inggris) World Cat. "The green paradox : a supply-side approach to global warming". Diakses tanggal 8 Desember 2019. 
  4. ^ a b (Inggris) Papers SSRN. "Is There Really a Green Paradox?". Diakses tanggal 8 Desember 2019. 
  5. ^ Sinn, Hans-Werner (2015-06-23). "The Green Paradox: A Supply-Side View of the Climate Problem" (dalam bahasa Inggris). Rochester, NY. 
  6. ^ Sinn, Hans-Werner. (2012). The green paradox : a supply-side approach to global warming. Cambridge, MA: MIT Press. ISBN 9780262301367. OCLC 768344093. 
  7. ^ a b (Inggris) Carbon Tax Center. "What's a carbon tax?". Diakses tanggal 8 Desember 2019.