Panhard VCR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panhard VCR

Panhard VCR Meksiko pada 2018
Jenis Pengangkut personel lapis baja
Negara asal Prancis
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1979–sekarang
Digunakan oleh Lihat pengguna
Pada perang Perang Iran–Irak
Perang Teluk I
Perang Irak
Perang Saudara Irak (2014–2017)
Sejarah produksi
Produsen Panhard
Diproduksi 1979
Spesifikasi
Berat 7,9 ton
Panjang 4,88 m
Lebar 2,5 m
Tinggi 2,13 m
Awak 3+9

Perisai 12 mm
Senjata
utama
Senapan mesin 12,7 mm atau misil HOT
Jenis Mesin Peugeot PRV V-6
145 hp
Daya kuda/ton 18,35 hp/ton
Suspensi 6×6
Daya jelajah 700 km
Kecepatan 90 km/h

Panhard VCR (Véhicule de Combat à Roues, bahasa Prancis untuk Kendaraan Tempur Beroda) adalah pengangkut personel lapis baja ringan (APC) yang dirancang oleh Panhard untuk pasar ekspor dan kemudian digunakan oleh beberapa negara. Setelah Irak memesan turret Prancis pada bulan September 1974 yang mampu meluncurkan rudal berpemandu antitank (ATGM), Panhard VCR dikembangkan atas permintaan Irak untuk kendaraan yang akan digunakan untuk mengawinkan menara peluncur ATGM ini.[1] Ini menghasilkan pesanan VCR terbesar, 100, untuk Irak.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

VCR adalah APC roda 6 × 6 yang dirancang pada akhir tahun 1970-an dan didasarkan pada APC 4 × 4 M-3 sebelumnya yang telah menjadi sukses besar bagi Panhard di pasar ekspor, dengan lebih dari 1.200 dibuat. Produksi VCR dimulai pada 1979. Sepasang roda tengah dapat dinaikkan saat kendaraan dioperasikan di jalan raya (saat menurunkan semua penggerak enam roda). Mesin terletak di depan ke kanan, dengan pengemudi di tengah depan kendaraan. VCR memiliki lapis baja 8 mm di semua sisi kecuali bagian depan yang memiliki 12 mm. Ini memberikan perlindungan terhadap peluru AP 12,7 mm di depan dan terhadap peluru AP 7,62 mm di semua sisi lainnya.[3]

VCR dasar adalah versi APC, VCR / TT (Transport de Troupes), dirancang sedemikian rupa sehingga berbagai senjata dapat dikawinkan dengan kendaraan dasar dalam serangkaian varian. Pilihan senjata dasar adalah senapan mesin ringan 7,62 mm atau senapan mesin berat 12,7 mm, pada dudukan cincin yang terletak di atap kiri depan. VCR juga dapat dilengkapi dengan ring mount dengan turret lapis baja satu orang dengan senapan mesin 7,62 mm atau menara bertenaga lapis baja satu orang yang memasang meriam otomatis 20 mm yang terletak di bagian tengah depan atap kendaraan. Salah satu opsi yang menyebabkan pesanan ekspor besar pertama dari Irak untuk seratus kendaraan VCR adalah versi penghancur tank dari VCR / TT yang dilengkapi dengan menara rudal antitank untuk meluncurkan ATGM yang dipandu kawat HOT (peluru kendali antitank). Varian ATGM dikenal dengan nama VCR / TH (Tourelle HOT). VCR / TH memasang empat rudal HOT di turret yang siap ditembakkan dengan sepuluh reload di dalam kendaraan. Ada versi yang lebih murah dari VCR / TH yang ditawarkan yang memasang kubah MCT yang menembakkan rudal antitank jarak pendek MILAN, tetapi tidak ada pesanan untuk versi ini. Selain tiga awak, VCR / TT dasar dapat mengangkut sembilan prajurit infanteri.

Versi lain meliputi:

VCR/AT
Kendaraan pemulihan, VCR / AT, dengan derek tugas berat yang dipasang di atap di atas sisi belakang, peti alat untuk dua mekanik, bangku kerja, peralatan las, suku cadang, dan batang derek.
VCR/IS
Versi ambulans, VCR / IS, yang memiliki persediaan untuk tiga tandu (empat dalam keadaan darurat untuk transportasi cepat) dan tenaga medis, sistem pendingin udara tugas berat, pasokan air, lemari es, alat sterilisasi listrik, lemari medis dan tenda besar yang dapat dipasang dari bagian belakang kendaraan.
VCR/PC
Kendaraan pos komando, VCR / PC, dengan ketentuan untuk tiga operator radio, pemancar jarak jauh dan pemancar jarak pendek, dan empat baterai penyimpanan tugas berat untuk menyediakan tenaga saat kendaraan dihentikan dalam waktu lama. Ada juga kendaraan perang elektronik berbasis VCR / PC, yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan untuk mencegat dan mengganggu komunikasi radio musuh.
VCR/TT "Hydrojet"
Modifikasi unik dari VCR / TT ini merupakan varian 4x4 yang diproduksi untuk Argentina. Varian amfibi VCR / TT "Hydrojet" 4x4 menggantikan stasiun roda tengah dengan waterjet bertenaga, menggandakan kecepatan air di atas standar 6X6 VCR-TT yang mengandalkan roda untuk penggerak air. Waterjet ditempatkan di posisi roda tengah untuk melindunginya dari rintangan di dalam air.

Pengguna[sunting | sunting sumber]

Petakan dengan operator Panhard VCR dengan warna biru

Pengguna saat ini[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ JAA, p. 527.
  2. ^ Foss, pp. 368–369.
  3. ^ C. Foss Armored Fighting Vehicles of the World page 31.
  4. ^ a b "Trade Registers". Armstrade.sipri.org. Diakses tanggal 2015-01-01. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • (Foss) Foss, Christopher F., Jane's Tank Recognition Guide, London: HarperCollins, 2006.
  • (JAA) Foss, Christopher F. (ed.), Jane's Armour and Artillery 2007–2008, London: Jane's Publishing Company Limited, 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gambar pada pranala luar
Panhard VCR/TT
Mexican Army VCR/TT
VCR/TT Frontal View
VCR/TT Side View
VCR/TT with 20mm turret and details
VCR/TT Interior Infantry Section
VCR/TT Terrain Ability Chart
VCR/IS Ambulance Version
VCR/IS Interior Showing Stretchers
Gambar pada pranala luar
Panhard VCR/TH HOT Turret Version
Panhard VCR/TH with HOT turret
First VCR/TH at proving ground
Gambar pada pranala luar
Panhard VCR/TT "Hydrojet"
Panhard VCR/TT "Hydrojet" at proving grounds
VCR/TT open water testing