Palung Peru-Chili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Palung Peru–Chili , juga dikenal sebagai Palung Atacama , adalah palung samudera di bagian timur Samudera Pasifik , sekitar 160 kilometer (99 mil) di lepas pantai Peru dan Chili .  Ia mencapai kedalaman maksimum 8.065 m (26.460 kaki) di bawah permukaan laut di Richards Deep ( 23°10′45″S 71°18′41″W ) dan panjangnya sekitar 5.900 km (3.666 mil); lebar rata-ratanya adalah 64 km (40 mil) dan mencakup wilayah seluas sekitar 590.000 km 2 (230.000 mil persegi).

Parit tersebut menggambarkan batas antara Lempeng Nazca yang menunjam dan Lempeng Amerika Selatan yang berada di atasnya.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Parit tersebut merupakan hasil batas lempeng yang konvergen , dimana tepi timur Lempeng Nazca samudera menunjam ke bawah Lempeng Amerika Selatan kontinental . Parit ini juga merupakan bagian dari Persimpangan Tiga Chili , persimpangan tidak biasa yang terdiri dari punggungan tengah samudera dan Kenaikan Chili yang menunjam ke bawah lempeng Amerika Selatan di Palung Peru-Chili. Dua punggung gunung bawah laut di dalam Lempeng Nazca memasuki zona subduksi di sepanjang parit ini: Punggungan Nazca dan Punggungan Juan Fernández .

Dari Chile Triple Junction hingga Juan Fernández Ridge, parit tersebut dipenuhi sedimen sepanjang 2,0–2,5 kilometer (1,2–1,6 mil), sehingga menciptakan topografi dasar yang datar. Sedimen sebagian besar merupakan turbidit yang diselingi dengan endapan samudera berupa tanah liat, abu vulkanik, dan cairan mengandung silika.

Palung Peru – Chili, bagian depan dan tepi barat dataran tinggi Andes tengah (Altiplano), menggambarkan " Orocline Bolivia " yang dramatis yang mendefinisikan lereng Andes di Peru selatan, Chili utara, dan Bolivia .