Padang Terap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Daerah Padang Terap merupakan daerah ketiga terbesar di Negeri Kedah dengan luas 1.357 km persegi.

Pusat administrasi daerah ini dikenal sebagai Kuala Nerang. Sejarah Kuala Nerang dapat dijelaskan berdasarkan dua cerita yaitu arti Kuala dan Nerang itu sendiri. Kuala ialah Pertemuan dua sungai yaitu Sungai Pedu dan Sungai Ahning sedangkan Nerang pula artinya Kawasan yang rimbun & teduh (kawasan sekitar yang dipenuhi pe[pohon]an dan hutan). Nerang juga diambil untuk memperingati nama anak Tuanku Abdul Rahman Putera Al Haj yaitu bapak 'kemerdekaan' yang pernah bertugas sebagai pegawai daerah di sini dan ia menamakan sebagai Kuala Nerang untuk memperingati nama puteranya yaitu Tunku Ahmad Nerang.

Perkembangan pembangunan di Daerah Padang Terap dipengaruhi oleh hubungan ekonomi dengan negeri yang berdekatan yaitu Pulau Pinang yang berfungsi sebagai Pusat Wilayah Negara bagi negeri-negeri di Utara Semenanjung Malaysia.

Kawasan-kawasan wisata menarik juga akan memberikan kelebihan kepada Daerah Padang Terap misalnya Danau Pedu yang terletak di timur laut merupakan kawasan wisata bertaraf internasional yang sering dikunjumgi turis asing. Selain itu terdapat juga Jeram Tok Din dan Chalet Dusun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]