Padaherang, Padaherang, Pangandaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Padaherang)
Langsung ke: navigasi, cari
Padaherang
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Pangandaran
Kecamatan Padaherang
Luas 638,425 Ha
Jumlah penduduk 6.453 jiwa (Pebruari 2009)

Padaherang adalah desa di kecamatan Padaherang, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Terdiri dari 4 Dusun, yaitu Dusun Padaherang, Dusun Sindangherang, Dusun Burujul, dan Dusun Sukarenah. Luas wilayah Desa Padaherang sekitar 638,425 Ha, dengan jumlah penduduk sekitar 6.453 jiwa, yang terdiri dari: laki-laki = 3.177 dan perempuan = 3.276 jiwa. Desa padaherang berbatasan langsung dengan Desa Karangpawitan di sebelah Timur, Desa Kedungwuluh di sebelah Utara dan Barat, dan Desa Karangsari di sebelah Selatan. Kepala Desa sekarang dijabat oleh Suryati, yang merupakan Kepala Desa perempuan pertama yang menjabat di Desa Padaherang.

Data Masyarakat Prasejahtera[sunting | sunting sumber]

Masyarakat pra sejahtera dan sejahtera I di Desa Padaherang Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis berdasarkan hasil pendapatan keluarga tahun 2008 adalah: Pra Sejahtera = 329 KK, Sejahtera = 205 KK, jumlah jiwa 410.

Bidang Kemasyarakatan[sunting | sunting sumber]

Masyarakat desa Padaherang adalah masyarakat yang sangat baik yang selalu taat dan patuh kepada peraturan baik peraturan adat, agama, maupun peraturan pemerintah. Namun, pada akhir-akhir ini budaya gotong royong hampir terkikis dengan masuknya budaya-budaya dari luar desa Padaherang dan kemajuan teknologi. Bulan Bakti Gotong Royong adalah momentum yang baik dan tepat untuk membentengi masyarakat desa Padaherang dari pengaruh-pengaruh luar yang merugikan masyarakat desa Padaherang.

Bidang Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Dengan keterbatasan dana dan daya, pada tahun 2008 desa Padaherang dapat melaksanakan pembangunan, yaitu pembuatan 7 (tujuh) unit kios dan 1 (satu) unit Gedung Olah Raga yang menghabiskan biaya kurang lebih Rp. 220.000.000,00 (Dua ratus dua puluh juta rupiah) yang bersumber dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan pengaspalan jalan desa sepanjang 3 (tiga) kilo meter, pembuatan sasak (jembatan) Cihonje dengan sumber dana dari Pemerintah Kabupaten Ciamis. Pembangunan tersebut sudah selesai seratus persen.

Bidang Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Tingkat pendidikan masyarakat Desa Padaherang adalah, sebagai berikut: tidak tamat pendidikan dasar 401, tamat pendidikan dasar 580, tamat pendidikan SLTP 650, tamat pendidikan SLTA 211, tamat pendidikan akademi 21, tamat Perguruan Tinggi 170.

Bidang Sosial dan Keagamaan[sunting | sunting sumber]

Masyarakat desa Padaherang mayoritas beragama Islam. Untuk meningkatkan pendidikan agama, Pemerinntah Desa Padaherang bersama masyarakat telah selesai membangun dua unit madrasah di dua dusun dengan sumber biaya dari PPK dan swadaya masyarakat. Pembinaan rohani untuk masyarakat desa Padaherang dilaksanakan pada tiap-tiap DKM setiap satu minggu satu kali dan kelompok Ibu-ibu PKK bersama-sama ibu-ibu Keluarga Sakinah satu bulan satu kali.

Pembinaan Ormas Islam bersama-sama dengan MUI Desa Padaherang dengan kegiatan pertemuan setiap tiga bulan satu kali yang dihadiri oleh para Ketua DKM dan tokoh agama untuk menjaga umat Islam dari perpecahan.