PCMedia AntiVirus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PCMedia AntiVirus
Logo PCMedia Antivirus.png
Perancang PCMedia
Pengembang PCMedia
Rilis perdana Maret 2006 (2006-3)
Rilis stabil 9.5 (28 Oktober 2013; 8 bulan yang lalu (2013-10-28)[1])
Status pengembangan Aktif
Bahasa pemograman Delphi
Sistem operasi Microsoft Windows XP, Vista, 7, 8
Ukuran 85 MB (termasuk ClamAV)
Ketersediaan bahasa Inggris
Jenis Antivirus
Lisensi Satu paket dengan PCMedia
Situs web resmi virusindonesia.com

PCMedia AntiVirus, disingkat PCMAV, adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia, sebuah majalah komputer Indonesia. Beroperasi dibawah sistem operasi Microsoft Windows (XP/Vista/7 keatas). PC Media Antivirus (PCMAV) sendiri bukan merupakan satu-satunya antivirus di Indonesia yang mempunyai formula atau teknologi khusus untuk mengatasi virus komputer yang menyebar luas di masyarakat, baik jenis lokal maupun mancanegara (asing), akan tetapi sejauh ini PCMAV digadang-gadang dapat membersihkan infeksi terhadap secara akurat dan tuntas hingga pulih 100%.

Dikarenakan menggunakan bahasa pemrograman Delphi, menjadikannya berbeda dengan antivirus standar industri sejenis yang biasanya menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual C++. Untuk virus database-nya sendiri dikarenakan virus database internal-nya masih sedikit, PCMAV juga memanfaatkan penggunaan alternatif database dari ClamAV sebagai database tambahan eksternal.

Keunggulan[sunting | sunting sumber]

Dibandingkan antivirus global, PCMAV yang cenderung lokal mempunyai akurasi pendeteksian yang lebih tinggi untuk virus yang beredar di Indonesia, sehingga lebih handal dalam mengembalikan file, dokumen dan sistem yang menjadi sasaran serangan virus. Disamping itu PCMAV juga menyediakan modul terpisah yang lebih dikenal dengan PCMAV Express untuk pembersihan virus tertentu, contohnya PCMAV Express for Conficker

Fitur[sunting | sunting sumber]

  • Real-time Protection adalah fitur canggih yang dapat mencegah malware aktif pada memory. Meskipun tanpa perlu melakukan proses scan secara manual, fitur ini mampu mendeteksi malware dan juga mencegatnya aktif di memory sehingga komputer tidak terinfeksi.
  • Link Protector adalah fitur yang dapat memberikan perlindungan pengguna saat berinternet. Fitur LinkProtector ini mampu mencegat website berbahaya yang memiliki potensi menyebarkan malware hingga tindakan phising. Dengan kumpulan database yang dapat di-update, keamanan dalam berinternet pun dapat terjaga.
  • Block Program on the USB/Card adalah fitur untuk yang tidak ingin kecolongan malware yang aktif dari USB flash disk/card (seperti di lingkungan perkantoran), gunakanlah fitur untuk mencegah malware yang belum dikenali.
  • CatchCrypted adalah fitur yang dapat mengenali dan mencegat file-file yang menyamarkan diri dengan teknik enkripsi/kompresi menggunakan packer tertentu agar tidak mudah dibongkar. Fitur ini mampu mengenali dan mencegat file-file dengan kriteria tersebut (yang kerap kali mencurigakan).
  • AntiKeystroke adalah fitur yang dapat Mencegat secara real-time perekaman tekanan tombol keyboard yang dilakukan oleh sebagian besar program keylogger yang banyak beredar saat ini.
  • AutoScan Removable Disk dengan pelapis pertahanan untuk mendeteksi malware yang banyak menyebar melalui media removable disk.
  • Normalisasi Sistem dengan mengembalikan settingan registry dan file sistem penting Windows yang telah "rusak", baik oleh virus maupun akibat penggunaan lain.
  • Normalisasi File/Berkas dengan mengembalikan folder, file atau dokumen yang disembunyikan (hidden) atau terinfeksi oleh virus.
  • Pendeteksian Cepat dengan algoritma dan ukuran virus database yang relatif kecil dan didukung teknologi multi-thread, memungkinkan mempercepat pendeteksian.
  • Silent Game Mode berguna jika komputer sedang digunakan untuk kegiatan seperti bermain game.
  • Ignore List untuk melewatkan folder/file tersebut dari proses scan jika memiliki folder/file yang diyakini bebas virus dan bukan merupakan malware.
  • Mendukung Proxy untuk mendukung penggunaan update otomatis melalui proxy yang banyak digunakan pada lingkungan kantor/institusi.
  • Scan Archives untuk mendateksi malware yang tersembunyi dibalik kompresi ZIP/RAR.
  • Update untuk memperbaharui file database dengan cara memilih tombol Update pada menu di program
  • Context Menu adalah Menu "Scan with PCMAV" yang tampil pada saat klik kanan folder/file pada Windows Explorer juga diimprovisasi sehingga Anda dapat melakukan scan pada satu atau beberapa folder sekaligus, dengan cara menyorot folder/file yang diinginkan, klik kanan dan pilih "Scan with PCMAV". Context menu ini tampil selama PCMAV aktif di system tray.
  • Submit Virus Virus ataupun file yang dicurigai dapat diupload melalui sebuah website khusus yang telah dipersiapkan. Website ini dapat diakses dengan memilih menu Submit Virus pada system tray.

Persyaratan sistem[sunting | sunting sumber]

Persyaratan minimum
Sistem Operasi
Windows XP (32-bit/64-bit), Vista (32-bit/64-bit), Windows 7 (32-bit/64-bit), Windows 8 (32-bit/64-bit)
Processor
1000 MHz Pentium atau yang lebih tinggi
RAM
512 MB minimal, rekomendasi 1 GB atau yang lebih tinggi
Space kosong hard drive
85 MB (bersama dengan ClamAV)

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Dengan PCMAV memanfaatkan "database ClamAV" banyak pihak dari komunitas opensource yang mengecamnya karena dinilai tidak sesuai dengan lisensi ClamAV (PCMAV tidak menyertakan sourcecode engine pemanfaatan database ClamAV dan "brandname" ClamAV). Disamping itu sebagian end user mengeluhkan terjadinya alert saat akan mengaktifkan PCMAV pada Windows 7, disinyalir ini terjadi karena PCMAV menggunakan kernel driver yang tidak tersertifikasi ataupun dikarenakan PCMAV membuat startup (Menjalankan Otomatis Aplikasi Saat Windows Berjalan) lainnya pada Task Scheduler Windows 7, yang menyebabkan PCMAV yang menggunakan Startup di Registry bertubrukan antara startup yang satu dengan yang lainnya. Hal ini masih diselidiki oleh tim pengembang PCMAV.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Tentang PCMAV - PCMedia AntiVirus

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PCMedia 07/2013 & PCMAV 9.5". PCMedia. Diakses 2013-10-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]