Otto Hahn (kapal)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reaktor
Turbin

Otto Hahn adalah salah satu dari hanya empat kapal kargo bertenaga nuklir yang dibangun hingga saat ini. Perencanaan kapal perdagangan dan penelitian buatan Jerman untuk menguji kelayakan tenaga nuklir dalam pelayanan sipil dimulai pada tahun 1960 di bawah pengawasan fisikawan Jerman Erich Bagge. Diluncurkan pada tahun 1964, reaktor nuklirnya dinonaktifkan lima belas tahun kemudian pada tahun 1979 dan digantikan oleh mesin diesel konvensional. Kapal itu dibuang pada tahun 2009.

The Otto Hahn ditugaskan pada tanggal 11 Oktober 1969, dan dia adalah kapal penelitian sebagai tujuan utamanya. Dia berisi kabin untuk kelompok sekitar 36 ilmuwan. Dia juga berisi ruang konferensi, ruang pertemuan dan dua laboratorium. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan pengalaman kapal nuklir masa depan yang dapat digunakan untuk transportasi. Karena Otto Hahn tidak menerima izin yang cukup dari pelabuhan, eksperimen berakhir pada 1979, sepuluh tahun setelah commissioning.[1][2]

Sampai penonaktifannya, Otto Hahn mengunjungi 33 pelabuhan di 22 negara, sebagian besar di Amerika Selatan dan Afrika . Dia tidak mendapat izin untuk melewati Terusan Suez dan perjalanan terakhirnya adalah ke Durban.

Kapten terakhirnya adalah Ralf Matheisel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Hajo Neumann: Vom Forschungsreaktor zum 'Atomschiff' OTTO HAHN: Die Entwicklung von Kernenergieantrieben für die Handelsmarine in Deutschland. Hauschild Verlag, Bremen 2009, ISBN 978-3-89757-446-5 (dalam bahasa Jerman)
  • Luciene Fernandes Justo/Gildo Magalhães dos Santos: The Otto Hahn Nuclear Ship and the German-Brazilian Deals on Nuclear Energy. A Case Study in Big Science, in: Icon 6 (2000), pp. 21–49.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]