Otot sternokleidomastoid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sternokleidomastoid
Sternocleidomastoideus.png
Otot leher. Lateral pandang.
Gray512.png
Otot sternokleidomastoid dengan struktur di dekatnya diberi label, seperti segitiga leher.
Latin musculus sternocleidomastoideus
Gray's subject #111 390
Perdarahan: {{{Blood}}}
Persarafan: {{{Nerve}}}
Antagonis: {{{Antagonist}}}
MeSH {{{MeshNumber}}}
Dorlands/Elsevier m_22/12550942

Dalam anatomi manusia, Otot Sternokleidomastoid , juga dikenal sebagai Sternomastoid dan biasa disingkat SCM , adalah otot pasangan dalam dangkal lapisan anterior sebagian dari leher . Karena berfungsi untuk melenturkan dan memutar kepala.

Hal ini juga bertindak sebagai otot aksesori inspirasi, bersama dengan sisi tak sama panjang otot leher.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Hal ini diberikan nama sternokleidomastoid karena berasal pada manubrium dari sternum ( sterno-) dan tulang selangka ( cleido- ), dan memiliki Penyisipan (anatomi) | penyisipan di proses mastoid dari tulang temporal dari tengkorak.

Asal dan penyisipan[sunting | sunting sumber]

Sternokleidomastoid melewati miring di sisi leher.

Hal ini tebal dan sempit di bagian tengah, tetapi lebih luas dan lebih tipis di kedua ujung.

  • Medial Para atau kepala sternum adalah bulat fasciculus, tendon di depan, berdaging di belakang, yang muncul dari bagian atas dari permukaan anterior manubrium sterni, dan diarahkan superior, lateral, dan posterior.
  • Lateral Para atau kepala klavikularis, terdiri dari berdaging dan aponeurotic serat, muncul dari perbatasan unggul dan permukaan anterior dari ketiga medial tulang selangka; itu ditujukan hampir vertikal ke atas.

Kedua kepala terpisah dari satu sama lain pada asal usul mereka dengan interval segitiga (fossa supraklavikula) namun secara bertahap menyatu, di bawah bagian tengah leher, ke dalam otot, tebal bulat yang dimasukkan, oleh tendon yang kuat, ke permukaan lateral proses mastoid, dari puncaknya ke perbatasan superior, dan dengan tipis aponeurosis memasuki babak lateral garis nuchae superior dari tulang oksipital . Fungsi dari otot ini adalah untuk memutar kepala ke sisi berlawanan atau miring memutar kepala. Hal ini juga flexes leher.

Persarafan[sunting | sunting sumber]

Sternokleidomastoid ini diinervasi oleh ipsilateral saraf aksesori. Ini hanya memasok serat motor. Para serviks pleksus pasokan sensasi, termasuk proprioception, melalui punggung utama rami dari C2 dan C3.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Sternokleidomastoid bervariasi banyak dalam batas asal dari klavikula: dalam beberapa kasus kepala klavikularis mungkin sesempit sebagai sternal; pada orang lain mungkin sebanyak 7,5 | cm | in lebarnya.

Ketika asal klavikularis adalah luas, kadang-kadang dibagi lagi menjadi beberapa slip, yang dipisahkan oleh interval sempit. Lebih jarang, margin berdampingan sternokleidomastoid dan trapezius berada dalam kontak. Hal ini akan tidak meninggalkan segitiga posterior.

Otot supraclavicularis Para muncul dari belakang manubrium sternokleidomastoid dan melewati belakang sternokleidomastoid ke permukaan atas dari klavikula.

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Sternokleidomastoid adalah dalam fasia investasi leher, bersama dengan otot trapezius, yang mana saham suplai saraf nya (saraf aksesori). Anterior sternokleidomastoid adalah segitiga anterior. Posterior untuk itu adalah segitiga posterior.

otot sternokleidomastoid

Banyak struktur yang penting berhubungan dengan sternokleidomastoid, termasuk arteri karotid umum, saraf aksesori, dan pleksus brakialis.

Budaya signifikansi[sunting | sunting sumber]

  • Dalam Tom Wolfe Novel The Bonfire of the Vanities, Larry Kramer, seorang Bronx Jaksa dan salah satu pelaku utama novel ini, membanggakan dirinya di sternocleidomastoids kuat, yang ia "penggemar keluar" di depan wanita untuk membantu menyerahkan diri penampilan, lebih sulit maskulin. Namun, dalam bab terakhir dia di depan umum digambarkan oleh kliennya Maria Ruskin sebagai "melakukan sesuatu yang aneh dengan lehernya", yang sangat melukai egonya. Penggunaannya di sini mungkin adalah perangkat yang dramatis sinyal panjang pria ambisius pergi ke, merawat setiap detail konyol, agar tampil kuat.
  • Desainer Creature sering termasuk otot sternokleidomastoid dalam model karakter asing ketika mereka ingin mereka tampak menarik dan akrab bagi pemirsa manusia karena keunikan otot sebagai fitur mamalia. "Bahkan C-3PO memiliki itu, dalam bentuk piston kecil di lehernya. Lihat Star Trek:.. Orang-orang yang baik selalu memiliki mereka, dan orang-orang jahat tidak Ini trik klasik desainer asing, "catatan biologi dan Hollywood anatomi konsultan Stuart Sumida [1]
  • The komedi terkenal kelompok / Argentina musik Les luthiers menyebutkan otot sternokleidomastoid dalam lagu mereka "El negro quiere bailar". Aktor utama (Daniel Rabinovich) diminta untuk memindahkan otot sternokleidomastoid sebagai bagian dari kelas dansa, tapi dia keliru menafsirkannya sebagai bagian tubuh panggul / kelamin, dan gugup meliputi dirinya dengan lengannya. [2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Otot menghubungkan ekstremitas atas ke kolom vertebral. Permukaan posterior dari otot sternokleidomastoid diberi label.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Gray's Templat:Otot leher