Ordo Santo Gregorius Agung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ordo Ekuestrian Kepausan
Santo Gregorius Agung
Ordo Sancti Gregorii Magni  (Latin)
Salib Komandan Ksatria Ordo St. Gregorius Agung
Dianugerahkan oleh  Takhta Suci
TipeOrdo kesatriaan kepausan
Dibentuk1831
MottoPro Deo et Principe  (Latin)
("Untuk Tuhan dan Pemerintah")
StatusDiberikan melalui otoritas Paus sebagai pemegang kedaulatan sementara dari Negara Kota Vatikan
Pemegang KedaulatanFransiskus
Tingkat
  • Salib Agung Ksatria/Wanita (GCSG)
  • Komandan Ksatria/Wanita dengan Bintang (KC*SG/DC*SG)
  • Komandan Ksatria/Wanita (KCSG/DCSG)
  • Ksatria/Wanita (KSG/DSG)
Tingkat sebelumnyaKnight/Dame Grand Cross Kelas Dua
Prioritas
Tingkat lebih tinggiOrdo Paus Pius IX
Tingkat lebih rendahOrdo Santo Silvester
Bilah pita ordo

Ordo Ekuestrian Kepausan Santo Gregorius Agung (bahasa Latin: Ordo Sancti Gregorii Magni; bahasa Italia: Ordine di San Gregorio Magno) didirikan pada tanggal 1 September 1831, oleh Paus Gregorius XVI, tujuh bulan setelah terpilih sebagai Paus.[1]

Ordo tersebut adalah salah satu dari lima Ordo Kesatria Tahta Suci. Kehormatan ini diberikan kepada pria dan wanita Katolik (dan tokoh non-Katolik tertentu)[2] sebagai pengakuan atas pengabdian pribadi mereka kepada Takhta Suci dan Gereja Katolik, melalui kerja keras mereka yang tidak biasa, dukungan mereka terhadap Takhta Suci, dan teladan yang mereka berikan dalam komunitas dan negara mereka.

Sejarah dan janji temu[sunting | sunting sumber]

Laporan pengukuhannya menyatakan, sebagian, bahwa "tuan-tuan yang telah terbukti kesetiaannya kepada Takhta Suci yang, karena kebangsawanan mereka sejak lahir dan kemasyhuran atas perbuatan-perbuatan mereka atau tingkat kemurahan hati mereka, dianggap layak untuk dihormati melalui ekspresi publik diberikan penghargaan dari Takhta Suci". Akhir dari pernyataan singkat tersebut menyatakan bahwa mereka harus secara bertahap mempertahankan, dengan terus melakukan perbuatan baik, reputasi dan kepercayaan yang telah mereka tanamkan, dan membuktikan diri mereka layak atas kehormatan yang telah dianugerahkan kepada mereka, dengan kesetiaan yang teguh kepada Tuhan dan kepada Paus yang berdaulat.[3]

Pemberian Ordo St. Gregorius Agung tidak memberikan kewajiban khusus bagi penerimanya terhadap Gereja Katolik – kecuali kewajiban umum yang disebutkan di atas.

Insignia[sunting | sunting sumber]

Lencana Ksatria di divisi militer

Salib berujung delapan, yang merupakan lambang ordo, melambangkan Santo Gregorius di bagian depan dan belakang terdapat semboyan Pro Deo et Principe ("Untuk Tuhan dan Penguasa"). Salib digantung pada pita merah dan emas. Dalam heraldik gerejawi, orang awam yang dianugerahi pangkat tinggi Salib Agung dapat menampilkan pita merah dan emas yang mengelilingi perisai di lambang pribadi mereka, tetapi penerima pangkat lebih rendah menempatkan pita yang sesuai di bawah perisai.[4] Perbedaan antara lambang sipil dan militer adalah kelompok sebelumnya memakai salib yang digantung di mahkota hijau salam, sedangkan kelompok terakhir memakai salib yang digantung di piala senjata.[5]

Rompi dan perlengkapan[sunting | sunting sumber]

Seragam hijau kemudian ditentukan oleh Paus Pius IX. Seragam tersebut berisi topi bulu berang-berang hitam yang dihiasi pita sutra hitam, tali pilin perak metalik, kancing, dan bulu burung unta hitam. Jaket berbahan wool hijau ini dihias dengan benang perak metalik, memiliki ekor, sembilan kancing logam kuning di bagian depan dan tiga kancing di manset serta dilapisi kain satin hitam. Terakhir, kostum tersebut berisi bretel, beberapa mawar kuning dan merah, sarung tangan kulit putih, dan pedang pendek bergagang mutiara dengan medali pesanan di ujungnya.

Ksatria Salib Agung memakai selempang dan lencana atau bintang di sisi kiri dada; Komandan memakai salib di leher; dan Ksatria memakai salib yang lebih kecil di dada kiri seragam:

Ksatria
Komandan Ksatria
Komandan Ksatria dengan Bintang
Ksatria Salib Agung

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Begni, Ernesto; Grey, James C.; Kennedy, Thomas J. (1914). Vatikan: Sejarahnya, Harta Karunnya. Letters and Perusahaan Penerbitan Seni. hlm. 515. Diakses tanggal 31 Agustus 2016. 
  2. ^ Dart, John (03-01-1998). 03/local/me-4508 "Paus Menganugerahkan Gelar Ksatria kepada 64 Tokoh Katolik L.A." Periksa nilai |url= (bantuan). LA Times. Diakses tanggal 25-04-2018. 
  3. ^ "Ordo Kepausan Santo Gregorius Agung". Papalknights.org.uk. Asosiasi Ordo Kepausan di Inggris Raya Pius IX, Santo Gregorius dan Santo Sylvester. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Desember 2010. Diakses tanggal 2 Oktober 2010. 
  4. ^ Gereja yang Terlihat: Kehidupan Upacara dan Protokol Gereja Katolik Roma. ISBN 0-670-86745-4. 
  5. ^ MacErlean, Andrew Alphonsus. The Catholic Encyclopedia: An International Work of Referrence on the Constitution, Ajaran, Disiplin, dan Sejarah Gereja Katolik, Volume 4. Robert Appleton Co. hlm. 667–668.