Observatorium Angkatan Laut Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

United States Naval Observatory (USNO) adalah salah satu badan sains tertua di Amerika Serikat. Berada di Barat Laut dari kota Washington, D.C.. Badan ini adalah satu dari sedikit observatorium yang terletak di kota besar (waktu pertama kali dibangun, lokasi ini jauh dari polusi cahaya yang dibuat oleh kota yang masih kecil dulu).

Dibentuk tahun 1830 sebagai Dipo Peta dan Peralatan, tugas utama dari observatori ini adalah untuk merawat chronometer-chronometer, peta-peta, dan alat-alat lain milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Badan ini mengkalibrasi chronometer kapal dengan menghitung waktu tempuh bintang-bintang melalui meridian.

Sekarang, USNO adalah otoritas terkemuka di bidang pengukuran waktu dan pengamatan langit. Badan ini menentukan dan menyebarkan data-data waktu dan astronomi yang diperlukan untuk navigasi yang akurat dan untuk ilmu dasar astronomi. Namun mungkin badan ini terkenal di masyarakat umum sebagai pemilik sejumlah jam atom yang akurat.

Semenjak tahun 1974, jalan Observatory Circle nomer satu, sebuah rumah terletak di tanah milik observatori (dulu rumah milik pengawas observatorium), telah menjadi kediaman resmi wakil presiden Amerika Serikat.

Salah satu produk dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Indonesia, yaitu Buku Peta Garis Batas Ketinggian Hilal 00 Pada Awal Bulan Qomariah, diterbitkan dengan menggunakan data Almanak Astronomi dari United States Naval Observatory, bersama dengan data dari instansi-instansi dalam negri lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]