Nyköping

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nyköping (diucapkan: Nee'shuhping) ialah sebuah kota (pdd. 40,000) di Daerah Södermanland, Swedia dan ibukota Kotamadya Nyköping. Kota ini juga ibukota Daerah Södermanland.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ada jejak pemukim sejak sekitar 2000 SM. Di awal Abad Pertengahan, sekitar 1000 M, Nyköping menjadi ibukota bagi sejumlah negara bawahan Swedia. Pada abad ke-13, pembangunan Benteng Nyköping dimulai; di abad berikutnya menjadi benteng terkuat di negeri itu. Lambang kota ini mungkin menggambarkan benteng itu, atau salah satu menaranya.

Pada tahun 1317 terjadilah Perjamuan Nyköping, suatu episode terkenal dalam sejarah Swedia, saat Raja Birger dari Swedia menangkap kedua saudaranya sebagai pembalasan atas penderitaannya dan memerintahkan mereka dipenjara tanpa diberi makan hingga mati kelaparan.

Piagam paling awal yang diketahui berasal dari tahun 1444, membuatnya sebagai salah satu kota yang kini mati.

Pada abad ke-16 Nyköping menjadi tempat kedudukan Adipati Karl yang kemudian bergelar Karl IX dari Swedia. Dengan status kediaman kerajaan, Nyköping mencapai puncak perkembangannya.

Pada tahun 1665 sebagian besar kota ini termasuk bentengnya hancur terbakar. Hal yang sama terjadi lagi sekitar 50 tahun kemudian saat pasukan Rusia menyerang kota ini. Kota ini dibangun kembali dengan perencanaan jalan seperti sekarang.

Nyköping tahun 1700, dalam karya Suecia antiqua et hodierna.

Nama "Nyköping" berarti Köping (Kota Pasar) Baru.

Sejarah belakangan[sunting | sunting sumber]

Nyköping diindustrialisasikan lebih awal dibandingkan kota lain di Swedia. Di awal abad ke-19, industri tekstil didirikan, dan penduduknya segera bertambah saat industri di Nyköping berkembang.

Koordinat: 58°45′LU 17°00′BT / 58,75°LU 17°BT / 58.750; 17.000