Novena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk tempat di Singapura yang bernama sama, lihat Novena (Singapura).

Kata Novena adalah bentuk feminim dari kata bahasa Latin abad Pertengahan, "novenus" (ke-sembilan), yang merupakan angka ordinal dari "novem" (sembilan).

Dalam Gereja Katolik, sebuah novena adalah sebuah devosi yang terdiri atas doa-doa yang diucapkan (biasanya) selama sembilan hari berturut-turut, memohon terkabulnya rahmat khusus. Doa-doa ini bisa terdiri atas doa-doa dari buku doa, Doa Rosario, atau doa-doa kecil yang diucapkan dalam beberapa waktu sepanjang hari.

Praktek doa novena itu sendiri berasal dari Injil. Setelah Yesus naik ke surga, Ia memerintahkan murid-muridnya untuk berdoa bersama dalam ruangan dan mendevosikan diri mereka seluruhnya pada doa yang dilaksanakan secara teratur (Kisah Para Rasul 1:14). Para murid, Bunda Maria, dan para pengikut Yesus lainnya berdoa bersama selama sembilan hari berturut-turut, berakhir pada saat Roh Kudus turun atas para rasul di hari Pentakosta.

Walaupun novena pada mulanya adalah sebuah devosi yang dilakukan oleh anggota Gereja Katolik, doa ini telah menyebar ke Gereja Ortodoks, Gereja Anglikan dan bahkan beberapa Gereja Lutheran.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]