Noriyuki Haga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Noriyuki Haga (芳賀紀行?) (lahir di Nagoya, 2 Maret 1975) adalah pembalap grandprix sepeda motor asal Jepang. Nama panggilannya adalah Nori-Chan, Nori, Nitro Nori, dan Haga-san. Pemenang lomba ketahanan Suzuka 8 Jam tahun 1996 bersama pembalap Amerika Serikat, Colin Edwards. Anggota Kejuaraan Superbike Jepang 1997, dan peringkat ke-5 dalam 4 Kejuaraan Dunia Superbike.

Haga mulai tampil sebagai pembalap di WSBK sejak tahun 1998, dan terus menggunakan nomor 41. Pada tahun 2000, Haga mempunyai kesempatan menjadi juara dunia WSBK, tetapi karena terbukti menggunakan doping, poin salah satu serinya dibatalkan, meskipun demikian ia berhasil menjadi juara kedua di akhir klasemen. Sedangkan juara dunia diraih pembalap asal Texas, Amerika Serikat, Colin Edwards. Musim perlombaan tahun 2001, ia pindah ke GP 500 bersama tim Redbull Yamaha, dan menjadi rekan satu tim dengan Garry McCoy. Namun di akhir musim kompetisi, prestasinya terbaiknya hanya di peringkat 14. Tahun 2002 kembali ke WSBK untuk tim Ducati. Tahun berikutnya, tawaran dari Aprilia untuk memacu RS3 Cube di ajang MotoGP diterimanya. Pada waktu itu, Haga berpasangan dengan Collin Edwards yang pernah menjadi rival di WSBK. Prestasi Haga tertahan akibat performa motor Aprilia yang pas-pasan. Hingga musim SBK 2008, Haga terus menjadi anggota tim balap Yamaha. Pada tahun 2009 hijrah ke Ducati Xerox. Bersaing ketat dengan Ben Spies (Sterilgarda Yamaha), Haga menjadi runner-up karena kalah 6 poin dari Spies.

Tahun 2010 tetap di Ducati, ia sangat optimis untuk menjadi juara dunia. Namun, masalah motor membuat Haga hanya finish di posisi 6 klasemen akhir WSBK 2010. Lebih parah dibanding Carlos Checa dari tim satelit Althea Ducati yang finish di P4 akhir. Diperparah dengan mundurnya Ducati dari WSBK. Musim 2011 pindah ke PATA Aprilia, dan finish di P8 klasemen akhir WSBK 2011.