Norio Ohga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Norio Ohga (29 Januari 1930 - 23 April 2011) merupakan seorang penggagas teknologi CD berkebangsaan Jepang sekaligus presiden Sony Corporation.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di kota Numazu, 29 Januari 1930, Ohga memulai karirnya sebagai penyanyi opera dan konduktor, tanpa pernah berpikir akan memimpin bisnis yang mendunia.

Saat duduk di bangku Tokyo National University of Fine Arts and Music, Ohga melayangkan surat protes pada Tokyo Telecommunications Engineering Corporation (yang kemudian berganti nama menjadi Sony) mengenai kualitas tape recorder yang buruk.

Pendiri Sony, Masaru Ibuk, dan Akio Morita mengendus wawasan luas Ohga mengenai teknik elektrik dan suara. Tahun 1953, keduanya menjadikan Ohga sebagai konsultan dan menjadikannya karyawan tetap 6 tahun kemudian.

CD berformat 12 cm hasil temuannya bersama tim dari Sony memungkinkan para pecinta musik untuk menikmati lagu tanpa gangguan.

Gangguan yang dimaksud, tentunya membolak-balik Side A dan Side B seperti yang lazim dilakukan jika menggunakan kaset konvensional.

Sony melempar CD pertamanya ke pasaran pada 1982 silam, dan 5 tahun kemudian penjualan CD menggeser penggunaan LP di Jepang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]