Noël Coypel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Noël Coypel
Noël Coypel, Solon Supporting Justice, skt. 1672, minyak di atas kanvas, 500 x 870 cm, Museum Louvre

Noël Coypel ([kwapɛl]; 25 Desember 162824 Desember 1707) merupakan seorang pelukis berkebangsaan Prancis, dan juga disebut Coypel le Poussin, karena ia sangat dipengaruhi oleh Nicolas Poussin.

Coypel lahir di Paris sebagai putra seorang seniman yang gagal. Setelah dipekerjakan oleh Charles Errard untuk melukis beberapa gambar yang diperlukan untuk Museum Louvre, dan setelah itu mulai terkenal dengan gambar-gambar lain yang diciptakan atas perintah raja, pada 1672 ia diangkat sebagai direktur Akademi Prancis di Roma. Setelah empat tahun ia kembali ke Prancis; dan tidak lama kemudian ia menjadi direktur Akademi Seni Lukis. The Martyrdom of St James di Notre-Dame de Paris mungkin adalah karya terbaiknya. Coypel adalah murid Noël Quillerier.

Noël meninggal di Paris pada usia 78 tahun, sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-79. Putra-putranya, Antoine dan Noël-Nicolas juga adalah pelukis.

Galeria[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  •  Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Coypel". Encyclopædia Britannica. 7 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 355. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]