Nipper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lukisan bergambar Nipper sedang melihat gramofon.
Lukisan Nipper yang diperbaharui.

Nipper (1884 - 1895) adalah seekor anjing yang menjadi model lukisan berjudul His Master's Voice, yang kemudian menjadi logo beberapa perusahaan rekaman lagu, termasuk RCA.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nipper lahir pada tahun 1884 di Bristol, Inggris Raya, dan mati pada bulan September 1895.[1] Beberapa sumber mengatakan bahwa Nipper adalah seekor anjing Jack Russell Terrier,[2] seekor Fox Terrier, seekor Rat Terrier, atau seekor Pit Bull Terrier. Ia dinamai Nipper karena berusaha mengigit kaki pengunjung.

Pemilik Nipper, Mark Henry Barraud, meninggal dunia pada tahun 1887, dan meninggalkan adiknya Philip dan Francis yang kemudian memelihara Nipper. Nipper sendiri mati pada tahun 1895 dan dikuburkan di Kingston upon Thames, London, di sebuah kebun kecil berhiaskan pohon Magnolia. Kini, kebun ini sekarang berubah menjadi cabang bank Lloyds TSB. Di dinding bank, di dalam pintu masuk, terdapat sebuah lempengan kuningan dengan tulisan, di mana Nipper dikubur tepat di bawahnya.

Nipper hidup bersama pemiliknya di Teater Prince di Bristol. Terdapat patung Nipper terletak di atas pintu utama gedung di persimpangan Park Row dan Woodland Road di Bristol. Tepat di belakang teater tersebut.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]