Nilai pari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nilai pari atau dalam bahasa Inggris disebut juga Par value, istilah ini digunaka dalam dunia keuangan dan akunting yang artinya "nilai yang ditetapkan" atau "nilai yang tampak". Dari istilah ini maka timbul pulalah istilah seperti "pada pari" (pada nilai pari), "di atas pari" (di atas nilai pari) dan " dibawah pari" (dibawah nilai pari).

Istilah nilai pari ini memiliki banyak makna yang berbeda-beda tergantung pada konteks dan tempat penggunaannya .

Saham[sunting | sunting sumber]

Nilai pari adalah nilai nominal dari sekuriti yang ditentukan oleh perusahan penerbit saham pada harga minimumnya. Nilai pari dari saham adalah merupakan harga saham pada saat penawaran umum saham perdana; perusahan penerbit menjanjikan tidak akan menerbitkan saham kelak kemudian hari diwaha nilai pari, sehingga dengan demikian investor akan merasa yakin bahwa kelak tidak akan ada siapapun juga yang mendapatkan harga penerbitan saham yang lebih rendah. Hal ini kebanyakan lebih dipentingkan oleh pasar perdagangan saham yang tidak resmi dibandingkan pada model pasar modal resmi yang dikenal hari ini.

Kebanyakan saham yang diterbitkan hari ini tidak memiliki nilai pari; yang masih menggunakan nilai pari adalah saham yang diterbitkan di beberapa negara yang aturannya mensyaratkan adanya nilai pari suatu saham.

Pada saham yang tidak memiliki nilai pari maka tidak ada nilai pari yang tertera pada lembaran saham tersebut. Pada beberapa negara bagian di [Amerika]] diperkenankan adanya pernyataan dewan direksi perseroan untuk menyatakan suatu nilai yang bertujuan untuk menunjukkan nilai pari dalam menetapkan modal minimum yang harus dimiliki oleh perusahan setelah melakukan pembayaran deviden atau setelah melakukan pembelian kembali saham.

Pada saham preferen, nilai pari ini digunakan untuk menunjukkan nilai penawaran saham. Deviden pada saham preferen dihitung dengan menggunakan persentase dari nilai pari. Nilai pari ini juga merupakan faktor penting yang digunakan pada saham opsi beli, dimana perusahaan memiliki hak opsi untuk melakukan pembelian kembali , ini merupakan lawan dari saham konversi. Harga pembelian kembali biasanya adalah pada harga pari atau sedikit di atas pari.

Obligasi[sunting | sunting sumber]

Pada pasar obligasi di Amerika, nilai pari adalah nilai yang tercantum pada obligasi tersebut. Nilai pari sebesar 100 USD untuk suatu surat utang atau obligasi berarti bahwa obligasi atau surat utang ini memiliki nilai sebesar nilai pari tersebut pada saat jatuh tempo pelunasan obligasi.

Mata uang[sunting | sunting sumber]

Makna nilai pari pada mata uang juga digunakan pada saat dua mata uang dipertukarkan pada suatu nilai tertentu. Contohnya, pada tahun 1964 Trinidad dan Tobago mengubah mata uang negaranya dari British West Indies dollar ke Trinidad dan Tobago dollar, dimana penukaran atau konversi itu dilakukan pada nilai pari, yang artinya bank sentral Trinidad dan Tobago melakukan penukaran 1 dollar lama dengan 1 dollar baru.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]