Niihau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Niihau ialah pulau terkecil di kepulauan berpenghuni Hawaii, di Amerika Serikat. Memiliki luas tanah 70 mil persegi (184 km persegi). Merupakan pulau yang tertua dari 8 pulau utama di Kepulauan Hawaii.

Seluruh pulau ini dimiliki oleh keluarga Robinson. Mereka membelinya dari Kerajaan Hawaii seharga US$10.000. Konon pembelinya, Elizabeth Sinclair (kemudian Sinclair-Robinson), lebih menyukai pulau ini daripada Waikiki, Pearl Harbor, dan pulau Lanai. Ada pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat kecil di mana hanya sedikit orang dari AL AS yang bekerja.

Pulau ini memiliki beberapa ratus penduduk tetap. Hampir semuanya ialah penduduk asli Hawaii. Mereka mencukupi diri sendiri dari pertanian keluarga yang kecil. Banyak pekerjaan untuk peternakan dimiliki keluarga Robinson. Penduduk asli Hawaii menjalani hidup di desa. Mereka bercakap bahasa Hawaii dan menjaga tradisi. Ini karena Ny. Sinclair berjanji membantu melestarikan budaya dan tradisi Hawaii saat ia membeli pulau. Niihau ialah satu-satunya pulau di Hawaii di mana bahasa Hawaii ialah bahasa utama.

Niihau juga dikenal sebagai "Pulau Terlarang". Sebab sampai kini pulau ini terbatas buat semua orang namun anggota keluarga, personel AL AS, pejabat pemrintahan menyambut tamu. Sekarang, wisatawan bisa pergi ke salah satu dari tempat wisata yang diawasi dan terbatas maupun safari berburu.

Di pesisir pulau ditemukan kerang yang merupakan satu-satunya kerang yang dikelompokkan sebagai mutiara. Kerang Niihau dan perhiasan yang terbuat dari kerang amat terkenal. Penjualan perhiasan kerang dan perhiasan memberi uang tambahan untuk penduduk setempat.