Nightwish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nightwish
Nightwish-Melbourne-2008.jpg
Latar belakang
Asal Kitee, Finlandia
Genre Gothic metal
Symphonic metal
Power metal
Tahun aktif 1996–sekarang
Label Spinefarm, Nuclear Blast, Roadrunner, NEMS Enterprises, Century Media, Drakkar Entertainment
Artis terkait Tarja Turunen, Sonata Arctica
Situs web www.nightwish.com
Anggota Tuomas Holopainen
Emppu Vuorinen
Jukka Nevalainen
Marco Hietala
Mantan anggota Tarja Turunen
Sami Vänskä
Anette Olzon

Nightwish adalah band Symphonic metal yang berasal dari Kitee, Finlandia, di bentuk pada tahun 1996 oleh pemain Keyboard dan penulis lagu Tuomas Holopainen, gitaris Emppu Vuorinen, dan mantan vokalis Tarja Turunen. Formasi Nightwish adalah lima orang, kemudian posisi Tarja di gantikan oleh Annette Olzon dan posisi Bassist awal , Sami Vänskä, digantikan oleh Marco Hietala, yang juga mengambil alih bagian vokal pria, awalnya bagian vokal pria di perankan oleh Tuomas atau vokalis tamu

Nightwish sudah menjadi band berpengaruh di negara asal mereka sejak rilis single pertama mereka “The Carpenter” dan debut album “Angel Fall First“, namun mereka belum bisa mencapai kemasyuran secara mendunia sampai di rilisnya album Oceanborn (1998), Wishmaster (2000) dan Century Child (2002). Album berikutnya pada tahun 2004, Once, yang terjual satu juta kopi lebih, membuat video Nightwish di putar di MTV di Amerika Serikat. Single terbesar mereka di Amerika serikat “Wish I Had An Angel” (2004), di buat menjadi tiga film di Amerika sebagai Soundtrack untuk mempromosikan tur Amerika utara mereka. Nightwish memproduksi tiga single lagi dan dua video musik untuk album ini, seperti “Sleeping Sun” dari kompilasi 2005, Best Of, Highes Hope, terakhir bagi Tarja Turunen sebagai vokalis.

Pada bulan Mei 2007, mantan vokalis Alyson Avenue, Anette Olzon, di ungkapkan sebagai pengganti Tarja Turunen, dan pada musim gugur mereka merilis album baru, “Dark Passion Play” yang terjual hampir dua juta kopi, dengan hit single “Amaranth“, yang telah di rilis sebulan sebelumnya. Tur untuk mendukung album ini berawal pada tanggal 6 Oktober 2007 dan berakhir pada tanggal 19 September 2009. EP/Live Album “Made In Hongkong (And In Other various Places) di rilis pada bulan Maret 2009 sebagai sebuah MCD/DVD, dan Album full Length ke tujuh mereka yang berjudul Imaginarium, sedang di kerjakan, yang di persiapkan untuk rilis pada awal tahun 2012 nanti.

Nightwish adalah band asal Finlandia yang telah sukses menjual lebih dari tujuh juta rekaman di seluruh dunia, dan telah mengumpulkan lebih dari enam puluh award Gold dan Platinum.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]