New York Mercantile Exchange

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
New York Mercantile Exchange
Jenis Perusahaan publik yang terdaftar di NYSE
Didirikan 1882
Kantor pusat New York, US
Situs web www.nymex.com

New York Mercantile Exchange, Inc atau biasa disingkat NYMEX adalah bursa berjangka komoditi terbesar didunia yang terletak di kota New York. NYMEX merupakan hasil penggabungan usaha antara New York Mercantile Exchange dan New York Commodities Exchange (COMEX). Saham dari induk perusahaan New York Mercantile Exchange, Inc. yaitu NYMEX Holdings, Inc. sekarang diperdagangkan di bursa New York Stock Exchange sejak tanggal 17 November 2006, dengan simbol NMX.

New York Mercantile Exchange menangani transaksi produk energi dan logam maupun komoditi lainnya senilai milyaran USD yang diperjual belikan di lantai bursa dan juga dengan menggunakan sistem perdagangan elektronik.

Perdagangan pada bursa NYMEX adalah diatur oleh suatu badan pengawas perdagangan berjangka yang disebut Commodity Futures Trading Commission, yang merupakan suatu lembaga independen dari pemerintah federal Amerika. Setiap perusahaan yang melakukan perdagangan di lantai bursa NYMEX ini harus mengirimkan pialang independen yang mewakili perusahaan-perusahaan besar. Pegawai bursa NYMEX sendiri hanya mencatat transaksi yangh dilakukan dan tidak berhubungan sama sekali dengan kegiatan perdagangan di lantai bursa.

Pada tanggal 26 February 2003, New York Board of Trade (NYBOT) menanda tangani perjanjian sewa menyewa dengan NYMEX untuk memindahkan kantor pusat dan fasilitas perdagangan NYBOT ke gedung World Financial Center setelah kantor NYBOT musnah akibat serangan teroris pada tanggal 11 September 2001. [1]

Setelah serangan teroris tersebut, NYMEX membangun fasilitas perdagangan diluar kota New York dengan biaya sebesar $12 juta USD yang memiliki fasilitas sebanyak 700 konter bagi pialang serta 2.000 telpon dan sistem komputer cadangan guna mengamankan data apabila terjadi serangan teroris lagi dikemudian hari. [2]

Sejarah bursa[sunting | sunting sumber]

Bursa komoditi diawali pada pertengahan abad ke 19 dimana para pedagang mulai mengorganisasikan forum perdagangan agar transaksi jual beli menjadi lebih mudah. Pasar ini menyediakan tempat untuk para penjual dan pembeli untuk menentukan kualitas, standar dan aturan-aturan perdagangan. Di akhir periode 1800an, sekitar 1.600 pasar perdagangan bermunculan di pelabuhan-pelabuhan dan di stasiun-stasiun kereta api. Pada tahun 1872, sekelompok pedagang susu bersatu bersama-sama membentuk bursa perdagangan keju dan mentega, lalu kemudian hari disusul pula oleh telor dan nama bursa diubah menjadi bursa mentega, keju, telor.

Pada tahun 1882, akhirnya nama tersebut berubah menjadi New York Mercantile Exchange sewaktu buah-buahan kering mulai diperdagangkan juga disana bersama dengan makanan kaleng dan produk peternakan. Pada awal abad ke 20, maka dibangunlah pusat pergudangan di New York dan di Chicago , dan pada saat itu tempat perdagangan di kota-kota kecil mulai menghilang beralih ke bursa perdagangan seperti NYMEX yang berada di kota besar .

Pada tahun 1933, COMEX didirikan berdasarkan penggabungan usaha dari empat bursa kecil yaitu "National Metal Exchange", "Rubber Exchange of New York", "National Raw Silk Exchange", dan "New York Hide Exchange".

Pada tanggal 31 Agustus 1994, COMEX akhirnya melebur pada NYMEX dan sekarang NYMEX mengoperasikan 2 lantai perdagangan di World Financial Center dipusat kota Manhattan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat NYMEX beserta fasilitas perdagangannya terletak di One North End Avenue, New York, NY 10282-1101. NYMEX juga memiliki kantor cabang di Houston, Washington, London, dan Hong Kong.

Komoditi yang diperdagangkan di bursa NYMEX[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]