New General Catalogue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
New General Catalogue (NGC)
NGC 3982
Galaksi spiral NGC 3982 menampilkan sejumlah banyak lengan spiral penuh dengan bintang, gugus bintang biru dan jalur debu gelap yang lebarnya sekitar 30.000 tahun cahaya, terletak sekitar 68 juta tahun cahaya dari Bumi dan dapat dilihat dengan teleskop kecil di konstelasi Ursa Major.
Organisasi William Herschel di
Dunsink Observatory
Royal Astronomical Society

New General Catalogue (disingat NGC) adalah katalog astronomi yang terkenal di dunia astronomi. Katalog ini disusun oleh John Louis Emil Dreyer tahun 1888. Sampai saat ini NGC memiliki 7,840 objek yang dikenal dengan objek NGC. Katalog ini merupakan yang terlengkap yang mencakup semua jenis objek angkasa, tidak terbatas pada galaksi. Dreyer juga mempublikasikan dua suplemen yang dikenal dengan Index Catalogues (disingkat IC). Yang pertama dipublikasikan tahun 1895 dan mencakup 1,520 objek, sementara yang kedua dipublikaikan tahun 1908 dan mencakup 3,866 objek, sehingga total ada 5,386 objek IC.

Objek di belahan lagit selatan kurang terkatalogkan dengan menyeluruh, meskipun objek tersebut banyak diamati oleh John Herschel atau James Dunlop. Banyak kesalahan yang terdapat dalam NGC, meskipun ada upaya untuk memperbaikinya yang dirintis oleh proyek NGC/IC setelah upaya parsial dengan Revised New General Catalogue (RNGC) oleh Sulentic dan Tifft tahun 1973, dan NGC2000.0 oleh Sinnott pada tahun 1988.

Katalog Original[sunting | sunting sumber]

Katalog NGC yang asli dikumpulkan pada tahun 1800-an oleh John Louis Emil Dreyer menggunakan pengamatan dari William Herschel dan anaknya John. Dreyer juga pernah mempublikasikan suplemen untuk General Catalogue of Nebulae and Clusters (GC),[1] yang berisi sekitar 1.000 objek baru. Pada tahun 1886, ia menyarankan untuk membuat suplemen kedua bagi General Catalogue of Nebulae and Clusters (GC) tetapi Royal Astronomical Society meminta Dreyer untuk mengkompilasi sebuah versi baru sebagai gantinya. Hal ini yang menjadikan dipublikasikannya New General Catalogue (NGC) pada tahun 1888.[2][3]


References[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]