Nepenthes rafflesiana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Nepenthes rafflesiana
Nepenthes rafflesiana dari Borneo.
Nepenthes rafflesiana dari Borneo.
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Eudicots
(tidak termasuk) Core eudicots
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nepenthaceae
Genus: Nepenthes
Spesies: N. rafflesiana
Nama binomial
Nepenthes rafflesiana
Jack (1835)

Nepenthes rafflesiana (diambil dari nama Stamford Raffles), atau Raffles' Pitcher-Plant, adalah salah satu spesies dari kantong semar. N. rafflesiana memiliki daerah penyebaran yang luas, meliputi Borneo, Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan Singapura. Nepenthes rafflesiana memiliki banyak variasi (kedua setelah Nepenthes mirabilis) dengan sebagian di antaranya telah ditemukan. Di Borneo saja, setidaknya telah ditemukan empat varietas yang berbeda satu sama lain. Bentuk raksasanya saja mampu menyaingi spesies Nepenthes rajah dalam ukuran.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Tipikal habitat dari N. rafflesiana.

Nepenthes rafflesiana adalah spesies dataran rendah yang menyebar cukup luas. Banyak ditemukan di Borneo dan sebagian di Kepulauan Riau, namun keberadaanya agak terbatas di Semenanjung Malaysia dan Sumatra. Keberadaannya hanya meluas di begian tenggara Semenanjung Malaka, khususnya di negara bagian Johor, di sanalah jumlahnya melimpah. Nepenthes rafflesiana baru ditemukan di pantai barat Sumatra, antara Indrapura dan Barus.

Nepenthes rafflesiana umumnya tumbuh di tempat terbuka, berpasir dan area yang lembap. Bisa juga ditemukan di hutan kerangas, hutan sekunder, pingiran hutan rawa gambut, hutan tropis, dan di tebing pantai. Tumbuh mulai dari beberapa meter di atas permukaan laut, sampai 1200 m bahkan 1500 m.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Detail dari peristom kantong bawah.

Nepenthes rafflesiana merupakan liana yang tumbuh memanjat. Batangnya mampu tumbuh dan memanjat hingga ketinggian 15 m serta tebal 10 mm. Ruas batangnya sepanjang 20 cm. Sulurnya bisa sampai panjang 110 cm. Kantong bawah dari N. rafflesiana berbentuk bulat dan membentuk sayap yang baik. Pada kantong yang bersifat terrestrial, ukurannya jarang melebihi 20 cm, meskipun bentuk raksasa dari N. rafflesiana diketahui dapat tumbuh sepanjang 35 cm dan lebar 15 cm. Kantong atas berbentuk corong, dan memiliki semacam lekukan di bagian depan pristom. Kedua jenis kantong ini memiliki karakteristik berupa leher peristome yang memanjang sampai 3 cm atau lebih.

Variasi dari warna kantong beragam, mulai dari ungu tua, sampai hampir putih polos. Namun yang biasa ditemukan dari N. rafflesiana adalah berwarna hijau terang dengan bercak ungu tua pada kantong bawah, dan berwarna krem pada kantong atas.