Neferneferuaten Tasherit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
it
n
ra
nfrnfrnfrnfrt&A S
r
t
A17
Neferneferuaten tasherit
Era: Kerajaan Baru
(1550–1069 BC)
Hieroglif Mesir

Neferneferuaten Tasherit atau Neferneferuaten yunior (abad ke-14 SM) merupakan seorang putri Mesir Kuno dari dinasti ke-18. Ia adalah putri keempat Firaun Akhenaten dan Istri Kerajaan Agungnya, Nefertiti.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Neferneferuaten lahir di antara sekitar tahun 8[1] and 9[2] pemerintahan ayahandanya. Ia diduga lahir di Akhetaten, ibu kota yang didirikan oleh ayahandanya. Namanya Neferneferuaten ("Cantik dari para kecantikan Aten" atau "Salah satu yang tercantik dari Aten") adalah salinan tepat dari nama Nefertiti yang diambil pada tahun 5 pemerintahannya. ("Ta-sherit" berarti "yang lebih muda").[1] Ia memiliki tiga kakak Meritaten, Meketaten, dan Ankhesenpaaten dan dua adinda Neferneferure dan Setepenre.[3]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dari kiri ke kanan: Setepenre, Neferneferure, dan Neferneferuaten Tasherit di Durbar tahun 12.

Salah satu penggambaran awal Neferneferuaten Tasherit ada di dalam lukisan dinding di Amarna. Ia digambarkan duduk di atas bantal bersama adindanya, Neferneferure. Fresco bertanggal dari sektiar tahun 9 Akhenaten, dan seluruh keluarga digambarkan, termasuk bayi Setepenre.[1]

Neferneferuaten Tasherit digambarkan di beberapa makam di Amarna dan muncul di monumen-monumen. Sebuah patung yang berasal dari Amarna, tetapi kemudian pindah ke Heliopolis, menyebutkan Aten dan Akhenaten, sementara di dalam teks-teks yang lebih rendah, putri-putri kerajaan Ankhesenpaaten dan Neferneferuaten Tasherit disebutkan.

Di makam Huya, kepala pelayan nenek Neferneferuaten Ratu Tiye, Neferneferuaten ditunjukkan di dalam adegan keluarga di sebuah lintel di dinding utara. Adegan yang diperpanjag menunjukkan Akhenaten dan Nefertiti di sebelah kiri bersama keempat putri tertua mereka, sementara di sisi kanan Amenhotep III, Ratu Tiye dan Putri Baketaten ditunjukkan. Di dalam adegan penghargaan di makam Meryre II, Neferneferuaten Tasherit ditunjukkan dengan empat saudarinya (hanya Setepenre yang absen).

Meketaten di bawah kanopi, di dinding lukisan Ruang . Di depannya: Akhenaten, Nefertiti, Meritaten, Ankhesenpaaten dan Neferneferuaten Tasherit.

Tahun-tahun terakhir dan kematian[sunting | sunting sumber]

Tidak diketahui apa yang terjadi pada Neferneferuaten Tasherit, namun disarankan ia meninggal sebelum Tutankhamun dan Ankhesenpaaten naik takhta.[1] Mungkin saja ia adalah salah satu dari orang-orang yang dimakamkan di dalam ruang di dalam makam kerajaan di Amarna.[3]

Disarankan agar ia dikenali sebagai koordinator rekan-pemimpin Akhenaten,[4] yang identitas pastinya masih diperdebatkan mengenai wanita itu. Wanita lain yang disarankan sebagai calon identitas penguasa wanita ini adalah Ratu Nefertiti (ibundanya) dan kakaknya, Meritaten.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Tyldesley, Joyce. Nefertiti: Egypt's Sun Queen. Penguin. 1998. ISBN 0-670-86998-8
  2. ^ Aldred, Cyril, Akhenaten: King of Egypt,Thames and Hudson, 1991 (paperback), ISBN 0-500-27621-8
  3. ^ a b Dodson, Aidan and Hilton, Dyan. The Complete Royal Families of Ancient Egypt. Thames & Hudson. 2004. ISBN 0-500-05128-3
  4. ^ J.P. Allen, The Amarna Succession, in Causing His Name to Live: Studies in Egyptian Epigraphy and History in Memory of William J. Murnane, ed. P. Brand and L. Cooper, Culture and history of the Ancient Near East 37. Leiden: Brill, 2009 p. 14.