Natural Capitalism: Creating the Next Industrial Revolution

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Natural Capitalism: Creating the Next Industrial Revolution adalah buku terbitan 1999 karangan Paul Hawken, Amory Lovins, dan Hunter Lovins.

Para pengarang melihat ekonomi dunia sebagai subset di dalam ekonomy yang lebih besar yang mencakup sumberdaya alam dan pelayanan ekosistem yang menyebabkan manusia hidup berkelanjutan. Menurut pengarang, "revolusi industri berikutnya" bergantung pada empat strategi utama: konservasi sumberdaya melalui proses manufaktur yang lebih efektif, pengguna-ulangan bahan-bahan seperti halnya yang terjadi pada sistem alami, perubahan nilai dari kuantitas menjadi kualitas, dan investasi pada kapital natural atau mengembalikan dan mempertahankan sumberdaya alam. [1]

Meski kapitalisme industrial utamanya mengenal nilai uang dan barang sebagai kapital, kapitalisme natural memperluasnya dengan kapital natural dan kapital manusia. Permasalahan seperti polusi dan ketidakadlian sosial kemudian dilihat sebagai kegagalan dalam melakukan penghitungan yang benar terhadap kapital, dan bukannya kegagalan sistem kapitalisme itu sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]