National Institute of Standards and Technology

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
NIST logo

The National Institute of Standards and Technology - NIST (Badan Nasional Standar dan Teknologi Amerika Serikat) yang dulunya dikenal sebagai The National Bureau of Standards - NBS (Biro Standar Nasional) adalah sebuah badan non-regulator dari bagian Administrasi Teknologi dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat. Misi dari badan ini adalah untk membuat dan mendorong pengukuran, standar, dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, mendukung perdagangan, dan memperbaiki kualitas hidup semua orang.

Sebagai bagian dari misi ini, ilmuwan-ilmuwan dan insinyur-insinyur NIST secara terus menerus mengembangkan ilmu pengukuran, yang memungkinkan rekayasa dan manufakturing ultra-tepat yang diperlukan oleh teknologi maju zaman sekarang. Mereka pun terlibat secara langsung di dalam pembuatan standar dan pemeriksaan yang dilakukan oleh sektor privat dan badan-badan pemerintah. NIST dulunya dinamakan National Bureau of Standards - NBS (Biro Standar Nasional), sebuah nama yang diberikan dari tahun 1901 sampai 1988. Inovasi dan kemajuan teknologi di Amerika Serikat bergantung pada keahlian dan kemampuan unik dari NIST di empat bidang utama: bioteknologi, nanoteknologi, teknologi informasi, dan manufakturing modern.

Di Indonesia, badan ini setara dengan gabungan antara Badan Standardisasi Nasional dan Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Pengukuran[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian dari misinya, NIST memberikan kepada industri, akademis, pemerintahan, dan lain-lain 1300 Standard Reference Material - SRM (Material Referensi Standar) yang memiliki kualitas dan harga metrologis tertinggi. Benda-benda ini telah disertifikasi sebagai memiliki karakteristik khusus atau isi komponen khusus, yang membuat mereka sangat berharga sebagai standar kalibrasi untuk alat-alat ukur, prosedur pengukuran, tolok ukur kualitas untuk proses-proses industri, dan sampel eksperimen kontrol untuk berbagai laboratorium. Sebagai contohnya, SRMnya NIST untuk bidang manufakturing makanan mencakup:

  • Diet Umum (SRM 1548a, seharga $624)
  • Susu Bubuk Bebas Lemak (SRM 1549, seharga $318, 100 g)
  • Daging Kerang (SRM 1566b, seharga $540, 25 g)
  • Tepung Terigu (SRM 1567a, seharga $418, 80 g)
  • Tepung Beras (SRM 1568a, seharga $390, 80 g)
  • Hati Sapi (SRM 1577b, seharga $261, 50 g)
  • Daun Tomat (SRM 1573A, seharga $332, 50 g)
  • Air Minum Alami (SRM 1640, seharga $198, 250 mL)
  • Selai Kacang (SRM 2387, seharga $501, tiga botol 170 g)

NIST mengatur beberapa fasilitas pengukuran paling spesifik di dunia, termasuk National Center for Neutron Research (Pusat Riset Neutron Nasional) yang tidak terkalahkan dan yang paling murah, dimana dilakukannya riset paling mutakhir untuk materi-materi baru, fuel cell terbaru, dan bioteknologi. NIST baru-baru ini membuka Advanced Measurement Laboratory - AML (Laboratorium Ukur Modern), yang dianggap sebagai fasilitas riset terbagus di seluruh dunia. AML menyediakan ilmuwan-ilmuwan Amerika kesempatan yang tak tersaingi untuk membuat pengukuran yang paling sensitif dan paling akurat. Hal ini menjadi semakin penting karena teknologi baru menjadi semakin kompleks dan semakin kecil, yang mana menjadi lebih tergantung kepada pengukuran akurat untuk membuktikan suatu produk dari teori, ke konsep cobaan, dan akhirnya ke prototipe.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Disadur dari sebagian halaman NIST dari wikipedia berbahasa Inggris, tanggal 28 Juli 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]