Nana (film 2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nana
Poster rilis teatrikal
SutradaraKentarō Ōtani
ProduserOsamu Kubota, Toshiaki Nakazawa
SkenarioTaeko Asano
Kentarō Ōtani
Berdasarkan
Nana
oleh Ai Yazawa
Pemeran
Penata musikTadashi Ueda
SinematograferKazuhiro Suzuki
PenyuntingShuichi Kakesu
Perusahaan
produksi
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 3 September 2005 (2005-09-03)
Durasi113 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
$34,671,042[1]

Nana (ナナ) adalah film drama Jepang tahun 2005 yang disutradarai oleh Kentarō Ōtani dan skenarionya ditulis bersama Taeko Asano berdasarkan manga berjudul sama karya Ai Yazawa. Film ini dibintangi oleh Mika Nakashima sebagai Nana Osaki dan Aoi Miyazaki sebagai Nana "Hachi" Komatsu. Film tersebut dirilis pada 3 September 2005.

Film ini mempunyai sekuel berjudul Nana 2 yang dirilis pada tahun 2006. Nakashima kembali memerankan Nana Osaki, tetapi beberapa pemeran di film pertama, termasuk Miyazaki dan Ryuhei Matsuda, tidak terlibat lagi dalam film tersebut.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Nana menceritakan tentang hubungan dua orang perempuan muda yang sama-sama bernama Nana. Walau nama mereka sama, kehidupan yang mereka jalani sangat berbeda. Salah satu dari mereka, Nana Osaki (Mika Nakashima), adalah seorang punk ambisius yang ingin masuk ke dunia musik rok, sementara, Nana "Hachi" Komatsu (Aoi Miyazaki), hanya ingin menjalani kehidupan yang baru bersama pacarnya, Shoji Endo (Yūta Hiraoka). Setelah pindah ke Tokyo sembari mengejar harapan dan impian, hidup mereka sangat berubah setelah bertemu satu sama lain.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penayangan dan DVD[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di bioskop pada 3 September 2005. Versi DVD film dirilis pada 3 Maret 2006.[2]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan penerimaan yang cukup baik di box office Jepang, dengan total pendapatan kotor $33,154,571 dan bertahan di sepuluh besar teratas selama beberapa minggu.[1][3]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Selain membuat Nana terkenal di Asia, film ini juga membuat Mika Nakashima mencapai puncak kariernya dengan merilis singel "Glamorous Sky" dengan nama Nana starring Mika Nakashima. Singel ini berhasil populer atas kolaborasi spesial antara Nakashima, Hyde (yang menulis musik lagu tersebut), dan penulis Nana Yazawa Ai (yang menulis lirik).[4] Singel tersebut menjadi singel pertama Nakashima yang berada di urutan pertama tangga lagu Oricon.[5] Lagu tersebut juga diputar di Osu! Tatakae! Ōendan 2 dan permainan video simulasi Drum Mania oleh Konami.

Film ini juga mempromosikan artis lainnya, Yuna Ito, yang membintangi film ini dengan berperan sebagai Reira Serizawa, merilis singel debutnya "Endless Story," yang juga masuk dalam film, dikreditkan sebagai Reira starring Yuna Ito.[6] Singel tersebut menduduki urutan kedua tangga lagu Oricon, dibawah lagu "Glamorous Sky" oleh Nakashima dan membuat Yuna Ito sebagai salah satu artis debut tersukses pada tahun 2005.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "2005年(平成17年)興収10億円以上番組" (PDF). Asosiasi Perusahaan Umum MPPA-Motion Picture Producers Association of Japan. Diakses tanggal 14 Juli 2020. 
  2. ^ "VIZ Pictures Brings Shojo to the Movies". Comic Book Bin (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Februari 2022. 
  3. ^ "Nana". Boxofficemojo. Diakses pada 16 Februari 2012.
  4. ^ "NANA、路上ライブに1000人熱狂!ラストアルバムの発表も!". ORICON NEWS (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 Februari 2022. 
  5. ^ a b "オリコン・ミュージック・ダウンロード". Oricon Singles Chart (dalam bahasa Jepang). 8 September 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-09-08. Diakses tanggal 8 September 2005. 
  6. ^ Reports, Rafu (17 Oktober 2019). "OC Japan Fair This Weekend". Rafu Shimpo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Februari 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kentarō Ōtani