Mystic River (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mystic River
Mystic River poster.jpg
Sutradara Clint Eastwood
Produser Robert Lorenz
Judie G. Hoyt
Clint Eastwood
Penulis Dennis Lehane (novel)
Brian Helgeland
Pemeran Sean Penn
Tim Robbins
Kevin Bacon
Laurence Fishburne
Marcia Gay Harden
Laura Linney
Musik Clint Eastwood
Sinematografi Tom Stern
Penyunting Joel Cox
Distributor Warner Brothers
Tanggal rilis 8 Oktober 2003
Durasi 137 min.
Bahasa Bahasa Inggris


Mystic River ialah sebuah film Amerika Serikat 2003 directed by Clint Eastwood; membintangi Sean Penn, Tim Robbins, Kevin Bacon, Laurence Fishburne, Marcia Gay Harden, Laura Linney dan Emmy Rossum.

Plot[sunting | sunting sumber]

Berawal pada tahun 1975, tiga anak laki-laki, Jimmy Markum, Sean Devine dan Dave Boyle, tengah bermain hoki di jalanan kota Boston. Di tengah permainan, mereka menemukan lapisan semen yang masih basah dan mulai menuliskan nama mereka diatasnya. Tak lama kemudian sebuah mobil yang berisi dua petugas polisi datang dan memarahi anak-anak tersebut, kemudian menyuruh Dave untuk masuk ke mobil mereka. Ternyata mereka adalah pria pedofilia yang berpura-pura menjadi polisi, yang kemudian menahan dan melakukan pelecehan seksual terhadap Dave selama 4 hari, sampai dia berhasil melarikan diri. Kejadian ini meninggalkan trauma yang mendalam terhadap Dave.

Duapuluh lima tahun kemudian, anak-anak tersebut tumbuh dan masih tinggal di Boston, namun tidak lagi bersahabat sejak insiden penculikan tersebut. Jimmy (Penn) adalah mantan narapidana menjalankan sebuah toko, sementara Dave (Robbins) menikahi saudara Jimmy, Celeste (Harden), dan bekerja sebagai buruh pabrik.

Putri Jimmy yang berusia 19 tahun, Katie (Rossum), diam-diam berkencan dengan Brendan Harris, seorang anak yang tidak disukai Jimmy. Dia dan Brendan berencana untuk melarikan diri ke Las Vegas. Sabtu malam itu, Katie terbunuh, mayatnya ditemukan kemudian, terkubur di taman dekat tempat tinggalnya. Sementara di lain tempat dan Dave pulang dengan tangan terluka dan pakaian bersimbah darah. Kepada Celeste, Dave mengaku bahwa ia berkelahi dengan perampok dan mungkin membunuhnya.

Sean (Bacon), meski ia tidak lagi tinggal di lingkungan itu, kini menjadi detektif bagian pembunuhan yang ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan Katie bersama rekannya, Sersan Whitey Powers (Fishburne). Sementara Jimmy yang sangat terpukul dengan kematian putrinya juga melakukan investigasi sendiri menggunakan koneksinya. Sean menemukan bahwa pistol yang digunakan untuk membunuh Katie juga digunakan dalam perampokan toko minuman keras selama tahun 1980 oleh "Just Ray" Harris, ayah dari pacar Katie. Harris telah hilang sejak 1989, tapi Brendan mengaku bahwa keluarganya masih menerima kiriman uang 500 dolar setiap bulan. Brendan juga mengaku tidak tahu tentang pistol Ray tapi Sean percaya bahwa senjata itu masih ada di dalam rumah.

Powers mencurigai Dave sebagai pelaku karena dia adalah salah satu orang terakhir yang melihat Katie hidup. Celeste pun menaruh curiga karena Dave bertingkah aneh dan ceritanya selalu berubah-ubah setiap kali ditanya soal kecelakaan tangannya. Akhirnya Celeste memberitahu Jimmy tentang perilaku Dave yang aneh, pakaian berdarah dan kecurigaannya.

Hari berikutnya, Jimmy memojokkan Dave yang sebelumnya telah dibuat mabuk minuman keras. Jimmy berkata bahwa di tempat itulah dia membunuh Ray Harris yang telah membuatnya dipenjara selama 2 tahun, dan memaksa Dave mengaku bahwa ia telah membunuh Katie kalau tidak mau bernasib seperti Ray. Dave mengatakan bahwa malam itu dia memukuli seorang pria yang tengah memperkosa seorang anak, yang mengingatkan Dave akan traumanya. Namun Jimmy tidak mempercayai cerita tersebut. Akhirnya Dave yang mabuk, bingung dan setengah tidak sadar mengatakan bahwa ia yang membunuh Katie. Jimmy membunuh Dave dan membuang mayatnya ke sungai.

Sementara itu Brendan yang mengetahui keterlibatan senjata ayahnya dalam pembunuhan Katie, mengkonfrontasi adiknya, Ray Jr dan temannya John O'Shea. Setelah didesak akhirnya mereka mengakui bahwa mereka memang membunuh Katie. Semula mereka hanya bermaksud menakut-nakutinya. Namun pistol meletus dan mereka membunuh Katie supaya ia tidak mengadukan perbuatan mereka. Brendan sangat marah dan memaksa mereka mengakui perbuatannya. John berhasil merebut pistol Ray dan hendak menembak Brendan tepat ketika Sean dan Whitey masuk dan menghentikannya.

Keesokan harinya Sean menemui Jimmy dan mengatakan bahwa pembunuhan Katie telah terpecahkan. Dan ganti menanyai Jimmy kapan terakhir dia melihat Dave karena Celeste melaporkan bahwa Dave hilang dan Celeste mengatakan bahwa Jimmy mungkin bersama Dave. Jimmy mengaku bahwa terakhir dia melihat Dave adalah 25 tahun lalu. Sean mengatakan ia akan menanyai Dave tentang kasus lain, yaitu pembunuhan terhadap pelaku pelecehan seksual anak-anak. Jimmy tidak berkata apa-apa dan berterima kasih kepada Sean karena telah menangkap pembunuh putrinya. Sean menanyakan apakah Jimmy juga akan mengirimkan 500 dolar setiap bulan kepada Celeste, mengindikasikan bahwa sebenarnya Sean mengetahui perbuatan Jimmy, namun Jimmy tidak menjawab.

Daftar pemain[sunting | sunting sumber]

Aktor/Aktris Peran
Sean Penn Jimmy Markum
Tim Robbins Dave Boyle
Kevin Bacon TFC. Sean Devine
Laurence Fishburne Sgt. Whitey Powers
Marcia Gay Harden Celeste Boyle
Laura Linney Annabeth Markum
Kevin Chapman Val Savage
Tom Guiry Brendan Harris
Emmy Rossum Katie Markum
Andrew Mackin John O'Shea
Adam Nelson Nick Savage
Robert Wahlberg Kevin Savage
Jenny O'Hara Esther Harris
Spencer Treat Clark Silent Ray Harris

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Nominasi[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Eberhard Ostermann: Mystic River oder die Abwesenheit des Vaters. In: E.O.: Die Filmerzählung. Acht exemplarische Analysen. Munich (Fink) 2007. pp. 29-43. ISBN 978-3-7705-4562-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]