Myeongjong dari Goryeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Myeongjong dari Goryeo
Hangeul 명종
Hanja 明宗
Alih Aksara yang Disempurnakan Myeongjong
McCune–Reischauer Myŏngjong
Nama lahir
Hangeul 왕호
Hanja 王晧
Alih Aksara yang Disempurnakan Wang Ho
McCune–Reischauer Wang Ho

Myeongjong (1131–1202) (bertahta pada tahun 1170–1197) merupakan putra ketiga Kaisar Injong.

Meskipun rencananya putra kedua Injong yang menjadi pewaris kerajaan,[1] ia dibunuh karena Jeong Jung-bu takut kalau-kalau ia akan menjadi ancaman baginya pada masa mendatang. Myeongjong merupakan kaisar yang lemah, dan tampil seakan-akan hanya menunjukkan kepada khalayak umu bahwa mereka masih memiliki seorang kaisar, yang memegang peranan sebagai pemimpin yang sejati adalah para pemimpin militer. Pemerintahannya menyaksikan pertumpahan darah secara beruntun dan juga kematian dari pemberontakan Chung Jung-bu, Yi Ui-bang, dan Yi Ui-min (tidak ada hubungannya dengan Yi Ui-Bang) namun juga adalah seorang pahlawan, Gyeong Dae-seung (Jenderal Gyeong sebenarnya seorang pemimpin militer yang paling setia. Namun Myeongjong benci dan tidak mempercayainya karena kepopularitasannya di mata rakyat).

Setelah 27 tahun memerintah, ia diasingkan oleh pemimpin militer waktu itu, Choe Chung-heon, dan putra kelima Injong, Kaisar Sinjong, ditunjuk sebagai pewaris tahta.

Catatan & Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ It was said that when Injong was choosing an heir, he preferred his second son for his keen insight and wisdom; however, his older brother came to power, and banished him out of jeolousy.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Uijong
Daftar Penguasa Korea
(Dinasti Goryeo)
1170–1197
Diteruskan oleh:
Sinjong