Myeolchijeot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Myeolchijeot
Nama Korea
Hangul
멸치젓
Hanja
none
Alih Aksaramyeolchijeot
McCune–Reischauermyŏlch'ijŏt

Myeolchijeot atau myeolchi jeot adalah jenis jeotgal dengan bahan utama teri yang diasinkan. Myeolchijeot banyak digunakan untuk bahan pembuatan kimchi.[1] Myeolchijeot memiliki arti myeolchi (멸치 teri) dan jeot (diasinkan). Teri ditangkap di pesisir selatan Korea Selatan. Proses pembuatannya dengan cara memberikan garam sekitar 15 hingga 20% dari jumlah berat ikan, kemudian difermentasikan selama 2 hingga 3 bulan di dalam jangdok.[2]

Nama dan etimologi[sunting | sunting sumber]

Myeolchi-jeot ( 멸치젓 ) adalah senyawa myeolchi ( 멸치 ), kata Korea untuk ikan teri ( Engraulis japonicus ), dan jeot ( 젓 ), kata yang berarti makanan laut fermentasi asin. Meljeot ( 멜젓 ) juga merupakan senyawa, terdiri dari mel ( 멜 ), nama Jeju untuk ikan teri, dan jeot. Kata Jeju mel serumpun dengan suku kata pertama myeol dari kata Korea myeolchi, yang suku kata keduanya -chi adalah akhiran yang melekat pada nama ikan.[3] Bentuk yang mirip dengan meljeot juga terdapat dalam dialek Korea daratan, termasuk metjeot ( 멧젓 ) dan mitjeot ( 밋젓 ) dalam dialek Gyeongsang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "제4장 찬류" (dalam bahasa Korean). 국립문화재연구소. hlm. 8~10p. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-22. Diakses tanggal 2008-05-15. 
  2. ^ "The Ingredients for Kimchi and Their Characteristics". Salted and fermented fish (Jeotgal). The Korean Culture and Information Service Center (KOIS). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-28. Diakses tanggal 2008-05-06. 
  3. ^ "::쉼표, 마침표.::". www.korean.go.kr. Diakses tanggal 2022-12-18. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]