My Brother… Nikhil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
My Brother… Nikhil
My Brother… Nikhil 2005 film.jpg
Sutradara Onir
Produser Sanjay Suri
Vicky Tejwani
Onir
Raj Kaushal
Penulis Onir (cerita)
Amitabh Varma (dialog)
Pemeran Sanjay Suri
Juhi Chawla
Victor Banerjee
Musik Viveck Philip
Sinematografi Arvind Kannabiran
Penyunting Onir
Tanggal rilis 25 Maret 2005
Durasi 120 min.
Negara India
Bahasa Hindi

My Brother… Nikhil adalah film India produksi tahun 2005 di Goa, India. Film ini menceritakan kehidupan seorang protagonis, Nikhil, dari tahun 1987 hingga tahun 1994, ketika kesadaran akan AIDS di India masih sangatlah minim. Onir, sang sutradara, menyatakan bahwa film ini dibuat dari fakta sejarah sesungguhnya, dan pernyataan standard bahwa film tersebut meerupakan fiksi hanya merupakan kesepakatan dengan pemerintah India untuk mendapatkan persetujuan pembuatan film. [1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuat di Goa, India antara tahun 1986 dan 1994. Nikhil Kapoor (Sanjay Suri) adalah juara renang di wilayah ini. Ayahnya, Navin Kapoor, yang diperankan oleh Victor Banerjee, berusaha membesarkannya sebagai seorang olahragawan, sebuah mimpi yang tidak bisa ia realisasikan untuk dirinya sendiri. Kakak perempuannya, Anamika (Juhi Chawla) mengajar disekolah kanak-kanak dan sangat mencintainya. Ibunya, Anita Rosario Kapoor (Lillete Dubey) mencintainya, dari ibunya-lah ia mendapatkan kecakapan dalam kesenian.

Setelah Nikhil didiagnosa memiliki virus HIV, hidupnya luluh hancur. Ia dikeluarkan dari tim renang dan orang tuanya mengusirnya keluar dari rumah mereka. Suatu hari, ia ditangkap karena virus HIV tersebut. Ia dipaksa masuk ke dalam pengasingan sesuai hukum yang diatur dalam Goa Public Health Act (Peraturan Kesehatan Umum di Goa) dan disetujui oleh pemerintah, guna mengisolir masyarakat yang mengidap virus HIV. Ia diabaikan oleh orang tuanya sendiri, dan dijauhi oleh teman-temannya. Dua orang yang masih berada disisinya adalah kakaknya Anamika dan teman dekatnya Nigel. Walaupun ia menghadapi ancaman dari komunitas sekitar, Anamika dan Nigel berhasil membebaskan Nikhil dengan bantuan seorang pengacara. Pada awalnya, Nikhil tidak dapat menemukan pekerjaan, tetapi kemudian ia menjadi seorang guru musik yang merupakan impian kecilnya. Anamika dan Nigel mulai membentuk Badan Bantuan Penderita AIDS yang diberi nama Positive People (Orang Positif). Menjelang puncak penderitaannya, Nikhil akhirnya diterima kembali oleh orang-tuanya.


Pemeran[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Track # Judul lagu Penyanyi
1 Aa Bhi Ja Aa Bhi Ja Lucky Ali, Sunidhi Chauhan
2 Bolo Tum Bolo Kunal Ganjawala
3 I Miss My Little Boy Theme
4 Kabhi Josh
5 Le Chale 1 Shaan
6 Le Chale 2 KK
7 Le Chale 3 Sunidhi Chauhan
8 Mahiya Sunidhi Chauhan
9 Leaving Home Theme
10 Mere Sapne Kavita Krishnamurthy [2]
11 Till We Meet Again Vivek Philip
12 Woh Kaun Hai Sunidhi Chauhan

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]