Musikologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Musikologi adalah mempelajari musik kepada ahli, biasanya profesor di universitas. Orang yang mempelajari musikologi adalah musikolog.

Pengertian Luas[sunting | sunting sumber]

Musikologi (Yunani : μουσική = "musik" dan λόγος = "kata" atau "alasan") adalah studi ilmiah tentang musik . Kata ini digunakan dalam sempit, lebar dan menengah indera.Dalam pengertian sempit, musikologi hanya terbatas pada sejarah musik budaya Barat Dalam pengertian antara, itu mencakup semua budaya yang relevan dan berbagai bentuk-bentuk musik, gaya, genre dan tradisi.Dalam arti luas, itu mencakup semua disiplin ilmu musik yang relevan dan semua manifestasi musik di semua budaya. Arti luas Stikharion untuk kata's etimologi, entri tentang "musikologi" di Grove 's kamus, entri pada "Musikwissenschaft" di Musik di Geschichte und Gegenwart, dan pendekatan klasik Adler (1885).

Dalam definisi yang luas, disiplin induk dari musikologi meliputi sejarah , studi budaya dan studi gender , filsafat , estetika dan semiotika ; etnologi dan antropologi budaya , arkeologi dan prasejarah ; psikologi dan sosiologi , fisiologi dan ilmu saraf ; akustik dan psychoacoustics ; dan komputer / informasi ilmu pengetahuan dan matematika . Musikologi juga memiliki dua pusat, subdisiplin berorientasi praktis tanpa disiplin orang tua: praktek kinerja dan penelitian, dan teori, analisis dan komposisi musik. . Para tetangga disiplin musikologi alamat bentuk lain dari seni , kinerja , ritual dan komunikasi , termasuk sejarah dan teori dan plastik seni visual dan arsitektur; linguistik , sastra dan teater ; agama dan teologi , dan olahraga.Musik pengetahuan dan know-how diterapkan dalam kedokteran, pendidikan dan terapi musik , yang dapat dianggap sebagai disiplin induk dari Terapan Musikologi.

Secara tradisional, musikologi historis telah dianggap sebagai subdiscipline terbesar dan yang paling penting musikologi. Hari ini, musikologi historis merupakan salah satu dari beberapa subdisiplin besar. Sejarah musikologi, etnomusikologi, dan musikologi sistematis kira-kira sama dalam ukuran - jika jumlah peserta aktif dalam konferensi internasional adalah panduan apapun. musikologi sistematis termasuk musik akustik, ilmu dan teknologi instrumen musik akustik, fisiologi, psikologi, sosiologi, filsafat dan komputasi . kognitif Musikologi adalah himpunan fenomena sekitar pemodelan komputasi musik.

Musikolog mempelajari semua jenis musik. Mereka mempelajari sejarah musik dan belajar mengenai pembuat lagu dan bagaimana mereka mengembangkan ide mereka dan belajar dari yang lain. Musikolog juga mempelajari filsafat musik.

Sejarah musik atau studi musikologi meliputi: komposisi, kinerja, resepsi, dan kritik musik dari waktu ke waktu, misalnya yang bersangkutan dengan kehidupan seorang komposer, perkembangan gaya dan genre, fungsi sosial musik untuk kelompok masyarakat tertentu (misalnya musik pengadilan), atau modus kinerja pada tempat dan waktu tertentu (misalnya paduan suara Johann Sebastian Bach. Seperti bidang sejarah seni, dan berbagai cabang sekolah dari musikologi historis menekankan berbagai jenis karya musik dan pendekatan yang berbeda untuk musik. Ada juga perbedaan nasional dalam definisi musikologi historis. Secara teori sejarah musik bisa mengacu pada studi tentang sejarah dari setiap jenis atau genre musik (misalnya, sejarah musik sejarah rock). Dalam prakteknya penelitian lebih sering dipertimbangkan dalam etnomusikologi dan musikologi historis diasumsikan lebih condong ke seni musik barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]