Museum istiqlal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bayt AI-Qur'an dan Museum lstiqlal adalah museum yang telah di buka untuk umum sejak tanggal 20 April 1997. Museum ini menempati areal Taman Mini Indonesia Indah seluas 20.013 m². Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal ini diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Tujuan lembaga ini untuk menampilkan Islam sebagai pemersatu bangsa dari berbagai etnik di Indonesia, menampilkan ajaran dan kebudayaan Islam Indonesia yang berkualitas dan kreatif dalam percaturan internasional melalui kajian sejarah perkembangan ajaran Islam pengimplementasian dalam seni dan budaya.[1] Sejarah Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal tidak dapat dipisahk an,karena museum ini ada sebagai hasil dari Festival Istiqlal I pada tahun 1991 dan Festival Istiqlal II di Jakarta.[2] Bayt Al Qur'an dan Museum Istiqlal merupakan kesatuan dari dua lembaga yang berbed a.Bayt Al-Qur'an berarti rumah Al-Qur'an dengan materi pokok berupa peragaan yang berkaitan dengan Al-Qur'an, sedangkan Museum Istiqlal menampilkan hasil-hasil kebudayaan Islam Indonesia.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pendidikan dan kebudayaan jakarta, Sekretariat Direktorat Jenderal kebudayaan kementrian pendidikan (2012). Direktori Museum Indonesia. jakarta: Dirjen kebudayaan. hlm. 109. 
  2. ^ Retno, Devita. "Sejarah Museum Al-Qur'an di TMII beserta koleksinya". Sejarahlengkap.com. 
  3. ^ "Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal". Taman Mini Indonesia Indah. 

Pranala[sunting | sunting sumber]