Museum Batak, Tomok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Museum Tomok adalah museum yang memamerkan koleksi terkait dengan kehidupan masyarakat Toba di masa lampau[1]. Museum ini terletak di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Di bangun pada tahun 2005, dengan arsitektur bangunan khas Batak yang disebut Rumah Bolon. [2]

Museum Batak, Tomok (Tampak Depan)

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Selain berkawasan di sekitar Danau Toba, museum ini disorot karena bentuk bangunan yang mirip dengan Rumah Bolon sehingga mendapatkan nuansa tradisional. Dinding bangunan museum yang memiliki ukiran-ukiran dan ornamen yang bernama Gorga. Desain pintu masuk yang diposisikan lebih rendah dari atap rumah yang lebih tinggi di bagian depan daripada bagian belakang, bersama dengan elemen-elemen detail lainnya, membuat bangunan museum ini terlihat menarik dan asli.[3]

Kumpulan artefak museum berkaitan dengan kehidupan masyarakat di Toba pada zaman dulu, termasuk perkakas pertanian, peralatan makan dari porselen, alat memasak, dan berbagai patung yang digunakan sebagai objek persembahan. Di antara ekshibisi tersebut, juga terdapat peralatan perang masa lalu, seperti pedang besi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sinaga, Raja Malo. "7 Museum di Kawasan Danau Toba, Tempat Belajar Sejarah Batak". detiksumut. Diakses tanggal 2024-03-15. 
  2. ^ SMP, Admin (2021-07-06). "Mengenal 7 Museum Batak di Kawasan Danau Toba". Direktorat SMP. Diakses tanggal 2024-03-15. 
  3. ^ TobaRia. "Wisata Sejarah, di Museum Batak Tomok | Tobaria" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-15.