Monyet bersayap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Para monyet membawa pergi Dorothy di lengan mereka dan menerbangkannya"—ilustrasi karya W. W. Denslow dalam The Wonderful Wizard of Oz (1900)

Monyet bersayap (sering disebut dalam adaptasi dan budaya populer sebagai monyet terbang) adalah sebuah karakter fiksi buatan penulis Amerika Serikat L. Frank Baum dalam novel anak-anak klasik The Wonderful Wizard of Oz (1900). Sesuai dengan namanya, monyet bersayap adalah para monyet hutan dengan sayap berbulu mirip burung yang terdapat pada pundak mereka dan membuat mereka dapat terbang. Mereka banyak dikenal dari film musikal terkenal tahun 1939 buatan MGM. Sejak itu, mereka mendapatkan tempat sendiri dalam budaya populer, biasanya disinggung dalam situasi komedi atau ironi sebagai sumber kejahatan atau ketakutan.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Pada 1976, dua patung monyet bersayap didirikan di atas atap sebuah toko matras bernama "Emerald City of Oz" di Burlington, Vermont. Pada 1996, patung-patung tersebut dipindahkan ke atap Union Station (sekarang Main Street Landing), dan patung-patung bayi monyet ditambahkan pada musim dingin 2004–2005. Dua patung monyet bersayap lainnya dipasang di atap dekat Waterfront Theatre pada 1990an.[1][2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carlson, Rik. "The Flying Monkeys of Burlington, Vermont". monkeyswithwings.com. Diakses tanggal January 17, 2011. 
  2. ^ Ocker, J. W. (November 10, 2008). "Flying Monkeys". OTIS: Odd Things I've Seen. Diakses tanggal January 17, 2011. 
  3. ^ "Burlington, Vermont - Winged Monkeys". Roadside America.com. Diakses tanggal January 17, 2011.