Monty Python's Life of Brian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Monty Python's Life of Brian
Lifeofbrian.jpg
Sutradara Terry Jones
Penulis Graham Chapman,
John Cleese,
Terry Gilliam,
Eric Idle,
Terry Jones,
Michael Palin
Pemeran Graham Chapman,
John Cleese,
Terry Gilliam,
Eric Idle,
Terry Jones,
Michael Palin
Distributor Warner Bros.
Durasi 94 menit
Didahului oleh Monty Python and the Holy Grail
Diikuti oleh Monty Python Live at the Hollywood Bowl

Life Of Brian adalah sebuah film Monty Python yang dirilis pada tahun 1979 dan menceritakan kehidupan Brian Cohen (diperankan oleh Graham Chapman), seorang pemuda yang lahir hampir pada waktu yang sama dan di jalan yang sama seperti Yesus Kristus.

Pada tahun 2000, para pembaca majalah Total Film memilih film komedi ini sebagai film komedi paling lucu dalam sejarah. Pada tahun 2004 majalah yang sama menyebut film ini sebagai film Britania terbaik tingkat ke-5 sepanjang masa. Pada IMDb, film ini secara konsisten berada pada tingkatan 250 semua film sepanjang masa.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Brian (Graham Chapman) lahir di sebuah kandang, beberapa pintu dari kandang tempat Yesus dilahirkan. (Hal ini pertama-tama membingungkan para kaum majus yang datang untuk menjenguk Yesus dan harus menghadapi ibunya; Mandy yang kasar). Ia lalu besar dan menjadi seorang pemuda idealis yang menentang keberadaan Romawi di Yudea. Sementara ia mendengarkan Khotbah di Bukit, ia jatuh cinta dengan seorang pemberontak muda yang bisa mengajaknya untuk ikut dan menjadi anggota salah satu dari sekian banyak gerakan separatis yang saling berkelahi satu sama lain dan menentang para penjajah Romawi. Salah satu tugas pertamanya ialah untuk menulis grafiti anti-Romawi pada tembok luar istana gubernur Romawi. Ia berhasil dalam hal ini tanpa diduga ketika mencoretkan kalimat Latin di tembok, ternyata kalimat mengandung kesalahan tatabahasa Latin dan ditegur oleh seorang serdadu Romawi yang kebetulan lewat. Lalu serdadu ini menjewer telinga Brian dan memaksanya untuk membetulkan kalimat Latinnya, mirip seorang guru. Setelah itu Brian diberi 'hukuman' untuk menuliskan kalimat yang sudah dibetulkan sebanyak seratus kali.

Sayangnya, sebuah serangan gagal di istana yang menghasilkan serangkaian kejadian naas, dan sebuah khotbah tak berarti yang dimaksudkan sebagai cara untuk menghindar dari para serdadu Romawi membuat sekelompok penghuni kota menganggap Brian sebagai seorang mesias. Meskipun ia berusaha keras untuk: (a) meyakinkan mereka bahwa ia bukan seorang mesias dan (b) mencoba menggunakan pengaruhnya untuk tidak mempercayai para figur-figur otoritas, ia ditahan, dihukum mati, disalibkan, dan ditinggalkan oleh para pengikutnya atau siapapun yang bisa membantunya. Namun lihat pula "Always Look on the Bright Side of Life".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Review[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Hewison, Robert. Monty Python: The Case Against. New York: Grove, 1981. (ISBN 0-413-48660-5) This book discusses at length the censorship and controversy surrounding the film.