Miyoshi Umeki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Miyoshi Umeki

Miyoshi Umeki sebagai Mei Li dalam film Flower Drum Song (1961)
Lahir 8 Mei 1928
Bendera Jepang Otaru, Hokkaido, Jepang
Meninggal 28 Agustus 2007
Licking, Missouri, Amerika Serikat
Pasangan Frederick Winfield Opie (1958-?)
Randall Hood (1968-1976)

Miyoshi Umeki (ミヨシ・ウメキ?), lahir 8 Mei 1928 – meninggal 28 Agustus 2007 pada umur 79 tahun) merupakan seorang aktris dan penyanyi Jepang yang memenangi Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. Terkenal dengan perannya sebagai Katsumi, istri dari Joe Kelly (Red Buttons) dalam film Sayonara (1957) dan sebagai Ibu Livingston, seorang pembantu rumah tangga dalam film seri The Courtship of Eddie's Father. Nama aslinya adalah Umeki Miyoshi (梅木 美代志?).

Umeki memulai kariernya sebagai penyanyi kelab malam di Jepang dengan nama "Nancy Umeki" sebelum dikontrak rekaman oleh RCA Victor dan tampil dalam sejumlah drama musikal. Setelah pindah ke Amerika Serikat, ia tampil dalam acara radio yang menampilkan bintang berbakat Arthur Godfrey Talent Scouts. Setelah tampil sebagai bintang tetap dalam acara tersebut selama satu musim tayang, Umeki dikontrak oleh Mercury Records dan merilis sejumlah singel dan dua album.

Pada tahun 1958, Umeki memenangi piala Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk film Sayonara. Umeki juga mencatat sejarah sebagai orang Asia pertama yang pernah dinominasikan untuk mendapat piala Oscar. Pada tahun 1958, Umeki dinominasikan sebagai penerima Tony Award untuk penampilannya dalam musikal Flower Drum Song.

Sampai tahun 1962 Umeki hanya bermain dalam 4 judul film, termasuk film Flower Drum Song (1961) yang diangkat dari musikal berjudul sama. Setelah itu, Umeki memulai karier di dunia televisi. Dari tahun 1969 hingga 1972, Umeki berperan sebagai Ibu Livingston, seorang pembantu rumah tangga dalam film seri The Courtship of Eddie's Father. Peran tersebut sekaligus merupakan peran terakhirnya sebelum mengundurkan diri dari dunia akting.

Umeki menikah dengan pengarah acara televisi bernama Wynn Opie pada tahun 1958. Keduanya mengadopsi seorang anak laki-laki sebelum pernikahan mereka berakhir dengan perceraian. Pernikahan kedua Umeki adalah dengan usahawan bernama Randall Hood. Keduanya sama menjalankan perusahaan di bidang tata lampu gedung pertunjukan hingga Hood meninggal pada tahun 1976.

Masa tua dilewatkannya di Hawaii sebelum Umeki pindah ke kota kecil Licking, Missouri agar dekat dengan sanak keluarga dan putra satu-satunya. Umeki meninggal dunia di panti jompo pada usia 78 tahun karena komplikasi yang disebabkan kanker.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Miyoshi Umeki; Recorded American Pop Standards, Won Oscar for 'Sayonara'". Washington Post. Diakses 10 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]