Mitogen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mitogen adalah senyawa kimia yang merangsang pembelahan sel atau berperan dalam mitosis. Mitogen ini biasanya dijumpai dalam bentuk protein.

Mitogenesis adalah perangsang atau pemicu mitosis, biasanya lewat sebuah mitogen. Mitogen-mitogen ini memicu siklus signal transduksi, dimana mitogen-activated protein kinase (MAPK) berperan didalamnya dan menyebabkan mitosis.

Penggunaan Immunologi

Sel-sel lymphocyt bisa bermitosis kalau sel-sel ini diaktifkan oleh mitogens atau antigen. Sel B (B Cells) khususnya bisa membelah jika sel ini bertemu dengan antigen yang cocok dengan immunoglobulinnya. Sel T mengalami mitosis jika dirangsang oleh mitogen untuk memproduksi lymphosyt berukuran kecil yang bertanggung jawab untuk memproduksi lymphokins. Substansi ini akan memodifikasi organisme inang untuk memperbaiki imunitasnya. Sel B dengan kata lain membelah untuk memproduksi sel plasma jika di rangsang oleh mitogen, yang akhirnya akan memproduksi immunoglobulin dan antibodi. Mitogen ini sering digunakan untuk memicu lymphocyte.

Mitogen yang paling sering digunakan di dalam laboratorium / klinik kedokteran adalah:

Phytohemagglutinin (PHA)

concanavalin A (conA)

lipopolysaccharide (LPS) dan

pokewees mitogen (PMW).

Racun Lipopolysaccharide berasal dari bakteri gram negativ dan sangat tergantung dengan kelenjar thymus. Kemungkinan besar lipopolysaccharide ini bisa mengaktifkan langsung sel-sel B disebabkan oleh angtigen nya yang sangat spesifik.