Miteme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam kajian mitologi yang terpengaruh pemikiran strukturalisme, miteme adalah satuan umum yang mendasar dalam struktur naratif (biasanya melibatkan hubungan antara karakter, peristiwa, dan tema) yang dianggap sebagai asal terbangunnya suatu mitos[1][2]—satuan terkecil yang selalu ditemukan bersama dengan miteme lain yang berhubungan[butuh rujukan]dan disusun kembali dalam cara yang berbeda-beda,[3] atau berkaitan dalam hubungan yang lebih rumit. Sebagai contoh, mitos Adonis dan Osiris memiliki beberapa unsur yang sama, membuat sebagian cendekiawan kawakan menyimpulkan bahwa keduanya berasal dari satu sumber, yakni gambaran yang diwariskan turun-temurun dalam kebudayaan atau dari satu ke yang lainnya, yang dianggap berasal dari tafsiran baru terhadap cerita yang tergambar, juga nama baru dalam berbagai macam pembacaan ikon.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "mytheme - Definition of mytheme in English by Oxford Dictionaries". Oxford Dictionaries - English. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Similarly, in memetics a meme is the smallest memetic unit that has semantic meaning and in a language or dialect, a phoneme (from the Yunani: φώνημα, phōnēma, "a sound uttered") is the smallest segmental unit of sound employed to form meaningful contrasts between utterances.
  3. ^ Lévi-Strauss: "the true constituent units of a myth are not the isolated relations but bundles of such relations" (Lévi-Strauss 1963:211).